Hardiknas 2019: Pendidikan Untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia

 

Klaten – Upacara Bendera dalam rangka Memperingati Hari Pendidikan Nasional diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Klaten dengan peserta terdiri dari Forkompinda Klaten, Pelajar, Guru dan tamu undangan. Bupati Klaten Hj Sri Mulyani sebagai Pembina Upacara pada 2 Mei 2019 di Alun-Alun Klaten.

Pidato Menteri Pendidikan Muhajir Effendi yang dalam kesempatan ini dibacakan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani memberitahukan bahwa proses belajar pada hakekatnya merupakan momentum terjadinya perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Semakin dewasa khususnya dalam berdemokrasi perlu diketahui bersama bahwa bentuk warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 pasal 13 tentang sistem pendidikan nasional yang menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

“Perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia. Kekuatan sektor Pendidikan dan Kebudayaan menemukan urgensinya, terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional tahun 2019 adalah pendidikan memajukan kebudayaan. Ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantoro terkait hubungan pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sangat nilai dan pengalaman kebudayaan guna membingkai hadirnya sumber daya sumber daya manusia yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan” Tutur Muhajir yang pidatonya dibacakan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.

Lanjut, Muhajir menekankan perspektif Kemendikbud pembangunan sumber daya manusia terdapat 2 penguatan aspek yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja. Dalam pendidikan karakter dimaksudkan untuk membentuk insan berakhlaq mulia, sopan santun, tanggung jawab serta budi pekerti yang luhur membekali keterampilan dan kecakapan disertai pula dengan penanaman jiwa kewirausahaan.

“Tentu semua itu membutuhkan profesionalitas kerja segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat ataupun di tingkat daerah”  sambutan Menteri Pendidikan yang dibacakan Bupati Klaten.

Ditemui Terpisah, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menyampaikan terima kasih kepada bapak/ibu guru pendidik sebagai garda terdepan pendidikan yang mendidik dengan sangat luar biasa kepada anak-anak. Hj Sri Mulyani menambahkan harapan kepada para penyelenggara pendidikan untuk selalu berprestasi.

Lanjut, Hj Sri Mulyani juga mendorong kepada guru-guru untuk selalu menambah wawasan, harus berinovasi dan tidak boleh monoton dalam mengajar. “Anak-anak kita itu sekarang bosan dengan hal yang monoton harus ada inovasi, biar mereka tidak jenuh dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh bapak ibu guru.” Tambah Hj Sri Mulyani. Selaku orang tua harus memberikan tauladan kepada anak-anak, selaku pendidik kepada anak-anak di Kabupaten Klaten Khususnya.

 

telah dibaca: 61 kali

Comments are closed.