Hari Amal Bakti Kemenag, Bupati Klaten Ingatkan Kerukunan Beragama

KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani memimpin upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) RI ke-77 tahun 2023 di Alun0alun Klaten, Selasa (3/1/2023). Kegiatan tersebut diikuti seluruh pegawai Kemenag Kabupaten Klaten.

Dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Klaten, Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengajak seluruh pegawai Kemenag untuk meningkatkan pengabdian dan melayani masyarakat. Peringatan HAB ini merupakan bentuk pengabdian Kementerian Agama untuk melayani seluruh umat beragama di Indonesia. Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih oleh jajaran Kemenag di tahun 2022 harus terus dipertahankan dan ditingkatkan di tahun ini.

“Sekarang ada perubahan di Kemenag. Birokrasinya lincah dan responsif, dan transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan adanya aplikasi layanan Kemenag. Melalui inovasi digital ini, kita bisa meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” papar Bupati saat membacakan amanat Menag RI.

Sri Mulyani mengingatkan tagline yang dicanangkan pada HAB ke-77 ini, yaitu Kerukunan Umat untuk Indonsia Hebat, harus diejahwantakan oleh seluruh pegawai Kemanag RI sebagai poros kerukunan umat beragama. Menurutnya tugas berat ini harus dihadapi mengingat kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis.

Baca Juga:  Vaksinasi Booster Kedua Digelar, Bupati : Jaga Kesehatan, Tetap Waspada

“Keluarga Kemenag bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai. Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kemenag. Mereka harus menjadi simbol kerukunan dan persaudaraan untuk mengantarakan pada Indonesia hebat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Klaten, Hariyadi mengatakan lewat peringatan HAB Kemenag ke-77 ini, diharapkan kondisifitas kerukunan umat beragama akan semakin meningkat dan semakin baik.
“Indonesia ini akan tetap kokoh berdiri akan mencapai kemajuan dan terakhir puncak keindahan nanti ketika masyakarat kerukunan bersama, satu dari umat manusia ini dapat diwujudkan. Dan Kementrian Agama punya komitmen, sehingga moderasi beragama akan terus kita galakan di tengah masyarakat,” katanya ditemui klatenkab.go.id usai upacara.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada 23 ASN Kementerian Agama di Kabupaten Klaten.

Penulis : (mik-ang/Kominfo-klt)
Editor : Pin

telah dibaca: 85 kali

Comments are closed.