Hati – Hati, Sering Sentuh Uang Harus Segera Cuci Tangan

KLATEN – Pegang uang jumlah banyak pasti setiap orang senang. Apalagi uang itu datang tak disangka-sangka seperti dapat hadiah atau warisan.

Tapi di masa pandemi covid 19 dengan resiko penularan tinggi seperti saat ini, setiap kali memegang uang harus ekstra hati-hati. Uang ditengarai menjadi media yang efektif untuk penularan dan penyebaran corona virus karena sering disentuh orang dan berpindah tangan.

Jadi faktor perantara penularan covid 19 itu tidak selalu manusia dengan manusia, benda khususnya uang juga bisa. Terlebih di lingkungan pasar. Mata uang rupiah ini memiliki perputaran yang sangat tinggi. Perpindahan tangan saat transaksi ini yang harus diwaspadai. Hati – hati sangat penting. Maka kebiasaan cuci tangan setiap habis menyentuh apalagi memegang nya dalam intensitas sering perlu menjadi perilaku.

Selain kebiasaan cuci tangan, tradisi transaksi non tunai dipandang langkah paling aman. Model transfer atau menggunakan uang elektronik saat bertransaksi menjadi kenormalan baru di saat pandemi.

Kebiasaan – kebiasaan baru harus selalu kita perbaiki. Saling mengingatkan dan menjaga antar sesama menjadi kekuatan baru melawan covid19.

Corona adalah virus berbahaya, tapi kita jangan panik dan terus waspada. Menjaga patuh protokol kesehatan dan stay at home menjadi solusi terbaik bertahan menghadapi pandemi.
Termasuk kebiasaan cuci tangan setiap habis menyentuh uang.

 

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 67 kali

Comments are closed.