HIKMAH DARI TMMD PANGGANG

Klaten – TMMD reguler 96 Kodim Klaten telah digulirkan selama satu bulan yaitu TMT 03 Mei s.d. 01 Juni 2016 dengan sasaran di desa Panggang Kec. Kemalang Kab. Klaten. Dalam kegiatan ini selain melibatkan TNI sebanyak 110 orang juga 65 warga untuk setiap hari dalam pengerjaannya. Seminggu sudah berlalu, hasil nyata sudah tergelar dan dapat dinikmati oleh masyarakat baik betonisasi, RTLH (Rehab RumahTidakLayakHuni), jambanisasi dan rehab tempat ibadah yaitu masjid Al Jami’ yang ada di desa Panggang, Kec.Kemalang Kab. Klaten. Dari program ini ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah satu minggu berlalu ini.

Rasa gotong royong

Dengan adanya kebersamaan yang terbentuk selama kegiatan TMMD, secara tidak langsung sudah memumupuk rasa gotong royong yang ada di wilayah desa Panggang. Selaras dengan apa yang disampaikan oleh bapak kepala desa panggang Nandang Nuryanto “Momen yang tepat yaitu bulan Romandhon juga semakin kelihatan kebersamaan warga kami disini, semua ini tidak lepas dari dampak kebersamaan selama kegiatan TMMD dilaksanakan”.

Ekonomi pedesaan

Ditengah sulitnya perekonomian warga dengan di bukanya jalan baru khususnya yang ada di Dk. Bunder dampak ini sangat dirasakan oleh masyarakatnya, karena tramportasi untuk menjual hasil kebundan yang ada semakin mudah, “Kita bisa menjual hasil kebun kita menggunakan sepeda motor bahkan para pedagang pun langsung bisa masuk untuk membeli hasil kebun kami, tidak seperti dahulu kami harus memikul atau menggendong dagangan kami kalau pingin jalur yang dekat”  bilang mbah Tontro ketika ditemui tim dari Kodim Letda Arhanud Warsono.

Jangka panjang

Jela suntuk jangka panjang manfaat dari kegiatan TMMD ini terutama betonisasi yang ada adalah untuk menambah jalur evakuasi apabila gunung merapi meletus. Karena kita ketahui bahwa desa Panggang adalah masuk dalam zona daerah terdampak bencana gunung merapai. “Dengan adanya jalan baru ini maka akan mempermudah evakuasi untuk warga yang ada di dukuh tersebut, karena dulunya jalan ini hanya jalan setapak, sekarang mobil pun bisa langsung masuk ke dukuh yang paling dalam” demikian penyampaian Sekcam Kemalang Harjoko ST.MT.(PENDIM KLATEN)

telah dibaca: 58 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *