HUT ke-4 RSD Bagas Waras Klaten, Bupati: Pelayanan Harus Terus Ditingkatkan 

Klaten – Rumah Sakit Daerah (RSD) Bagas Waras Kabupaten Klaten telah memasuki tahun ke-4, dalam rangka memeriahkan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) digelar senam massal dengan diikuti 1000 peserta yang diadakan di Taman RSD Bagas Waras di Jalan Ir Soekarno KM 2 Buntalan, Klaten Tengah, Kamis (24/10). Senam massal juga dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM serta jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten. 

Direktur Utama RSD Bagas Waras Kabupaten Klaten, dr Limawan Budiwibowo MKes dalam laporannya mengatakan, rangkaian kegiatan HUT ke-4 RSD Bagas Waras antara lain bakti sosial meliputi pelayanan kesehatan gratis yang diadakan di Grebeg Pasar Cawas, Car Fre Day (CFD) di Jalan Pemuda Klaten dan di pameran ekonomi kreatif di RSPD Klaten. Kemudian bantuan air bersih sebanyak 82 tangki untuk memabntu korban kekeringan seperti di Desa Talun (Kemalang) 25 tangki, Desa Bandungan (Jatinom) 20 tangki, Desa Temuireng (Jatinom) 20 tangki, Kecamatan Gedangsari (Kabupaten Gunungkidul) 17 tangki karena sebagian besar rujukan pasien dari Gunungkidul. 

Kegiatan lainnya, kata Limawan, seperti seminar kesehatan, lomba ketepatan laporan pelayanan rumah sakit, lomba dance bantuan hidup dasar bagi karyawan RSD Bagas Waras dan lomba kebersihan ruangan dan poster promosi rumah sakit. Jenis pelayanan kesehatan di RSD Bagas Waras antara lain Instalasi Gawat Darurat (IGD), rawat jalan dan rawat inap. 

Untuk pelayanan rawat inap, lanjut Limawan, kini RSD Bagas Waras mempunyai bangsal kelas III B dengan kapasitas 24 ruang, ruang Intensive Care Unit (ICU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU) yang merupakan  ruang perawatan intensif . Kemudian bangsal kelas I ada 16 ruang, bangsal kelas II ada 20 ruang, bangsal kelas III A ada 28 ruang dan bangsal Very Important Person (VIP) punya 8 ruang. RSD Bagas Waras berkomitmen memberikan pelatanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat Klaten. 

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, RSD Bagas Waras Kabupaten Klaten sebagai rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Klaten harus menjadi rumah sakit yang terbaik dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyarakat Klaten. Untuk itu silakan Direksi RSD Bagas Waras mengajukan berbagai peralatan dan berbagai kebutuhan kepada Pemkab Klaten yang dapat menunjang peningkatan pelayanan kesehatan. 

Menurut Hj Sri Mulyani, RSD Bagas Waras harus memberikan pelayanan kesehatan yang murah kepada masyarakat atau bahkan gratis. Kemudian RSD Bagas Waras yang megah juga harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Kemudian Taman RSD Bagas Waras agar dijaga dan dirawat sehingga pasien RSD Bagas Waras yang berkunjung ke Taman RSD Bagas Waras cepat sembuh karena melihat taman yang asri dan indah. 

Adapun hasil aneka lomba dalam rangka memeriahkan HUT ke-4 RSD Bagas Waras masing-masing lomba Bantuan Hidup Dasar (BHD) dance competition juara I Tim IGD, juara II Tim ICU, juara III Tim Ruang Kamaratih, juara harapan I Tim Ruang Perinatal, juara harapan II Tim Instalasi Bedah Sentral (IBS), juara harapan III Tim Ruang Shinta, juara harapan IV Tim Ruang Drupadi, juara harapan V Tim Poliklinik, dan juara harapan VI Tim Ruang Mustakaweni. Lomba kebersihan, keindahan dan kreativitas foto poster promosi juara I Tim Ruang Drupadi, juara II Tim IGD dan juara III Tim Ruang Srikandi Shinta (ruang VIP). 

Sedangkan hasil lomba ketepatan dan keakuratan laporan juara I Tim Gizi, juara II Tim Rehab Medik dan juara III Tim Ruang Supraba. Puncak HUT ke-4 RSD Bagas Waras ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, pelepasan burung merpati dan penyalaan confetti. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pentas musik dengan beberapa penyanyi.  

telah dibaca: 68 kali

Comments are closed.