Ibu-ibu Klaten Adu Kreasi Gizi ISI PIRINGKU

KLATEN – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dissos P3APPKB) Klaten menggelar lomba kreasi gizi program ISI PIRINGKU di Grha Bung Karno (GBK) Klaten, Selasa (14/11/2023). Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari 26 kecamatan.

Kepala Dissos P3APPKB Klaten, Much Nasir mengatakan lomba tersebut digelar dalam rangka memperigati HUT ke—10 Program Keluarga Harapan. Menurutnya lomba tersebut digelar sebagai tindak lanjut lomba serupa yang digelar di tingkat desa dan kecamatan.

“Kegiatan ini dimulai dari lomba tingkat desa yang selanjutnya ke babak penyisihan tingkat kecamatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga penerima manfaat untuk menegakkan pencegahan stunting di wilayah Kabupaten Klaten,” paparnya.

Adapun ketentuan lomba yaitu mengharuskan seluruh peserta untuk membuat menu makan dalam satu piring maksimal Rp 20.000 yang memenuhi nilai gizi yang cukup dan seimbang. Para peserta yang merupakan ibu rumah tangga tersebut beradu kreativitas dan ide komposisi menu yang bergizi namun menggugah selera untuk disantap.

Baca Juga:  Stabilkan Harga Pangan, Sri Mulyani Kembali Salurkan Bazar Pangan Murah di Kecamatan Prambanan dan Kebonarum

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oileh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi upaya peserta lomba yang mampu berkreasi untuk menyajikan menu yang bukan hanya enak disantap, namun juga memiliki nilai gizi yang cukup dan seimbang.

“Kegiatan ini merupakan sebuah strategi untuk mencapai target kita yaitu menurunkan angka stunting di Kabupaten Klaten yang saat ini berada di angka 14.6. Diharapkan bisa berada di bawah rata-rata. Target saya adalah diangka 11,” ungkap Sri Mulyani.

Ia berharap hasil kreasi menu dalam lomba kreasi gizi ISI PIRINGKU tingkat kabupaten ini dapat menjadi pedoman keluarga di Klaten untuk menyajikan menu makan yang sehat dan bergizi seimbang. Ia berpesan untuk menyebarluaskan menu yang disajikan kepada masyarakat sekitar.

“Sebarkan menu yang seluruh peserta sajikan kepada grup-grup di desa nya masing-masing agar informasi tersebar luas hingga RT dan RW. Ini adalah langkah kecil yang membawa nilai positif,” katanya.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang dari Lomba Kreasi Gizi “Isi Piringku” tingkat Kabupaten Klaten. Berikut pemenang Lomba Kreasi Gizi “Isi Piringku” tingkat Kabupaten Klaten:
1. Juara Harapan 3 Kecamatan Ngawen
2. Juara Harapan 2 Kecamatan Wonosari
3. Juara Harapan 1 Kecamatan Trucuk
4. Juara 3 Kecamatan Kemalang
5. Juara 2 Kecamatan Ceper
6. Juara 1 Kecamatan Jatinom

Baca Juga:  KPU Klaten Gelar Rekapitulasi Hasil Pemilu, Terbuka Untuk Umum

Penulis : ns-jor
Editor : ang/Kominfo-klt

telah dibaca: 99 kali

Comments are closed.