Ibu – Ibu PKK “Masak Bareng Bupati” dalam rangka hari kartini

Klaten –  Puluhan Ibu – Ibu PKK Kabupaten Klaten memasak berbagai kreasi menu masakan berbahan dasar pangan Lokal dalam Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Gedung Wanita Klaten, senin (08/04) kemarin. Dalam kegiatan bertajuk “Masak Bareng Bupati” tersebut Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani turut serta memasak olahan kreasi berbahan dasar ikan nila yang diolah menjadi lumpia ikan nila dan ikan nila goreng telur asin. Beliau juga berkenan mencicipi berbagai menu olahan yang disajikan dalam stand bazar dari masing – masing Kecamatan.

Lomba Cipta menu B2SA merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Tim Penggerak PKK kabupaten Klaten dalam rangka peringatan Hari Kartini ke – 140 tingkat Kabupaten Klaten. Kegiatan ini telah rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai upaya memodifikasi sumber pangan lokal yang ada di Kabupaten Klaten. Pemenangnya nanti akan maju untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Jawa Tengah mewakili Kabupaten Klaten. Kegiatan lain yang diselenggarakan Tim PKK Kabupaten Klaten meliputi Cooking Class dan Bazar olahan makanan dari masing-masing desa di Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Klaten, Ir Widiyanti menjelaskan, kegiatan kali ini menggunakan bahan makanan dari sumber daya lokal yang beragam, salah satunya adalah ikan. Penggunaan bahan ikan tersebut dikaitkan dengan upaya peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Klaten.

“Kabupaten Klaten punya sekitar 40 hektar kolam ikan. Dan kita sudah pernah melangsungkan mina politan di daerah Karanganom, Tulung dan Polanharjo. Total produksi ikan di Kabupaten Klaten sekitar 28.000 ton/tahun, dan sekitar 14.000 ton nya berasal dari ikan nila. Bahkan Klaten memiliki Ikan nila larasati yang menjadi unggulan karena selain padat tebar juga memiliki rasa yang enak” Jelas Widiyanti.

Melihat besarnya potensi perikanan yang ada di Kabupaten Klaten tersebut, Bupati Klaten mendorong Ibu – Ibu PKK agar terus melakukan kreasi dalam mengolah bahan Ikan. Seperti yang sudah dilakukan beberapa kelompok PKK yang membuat abon nila, abon lele, cake dari abon nila dan telur asin sebagai bentuk hasil kreasi. Bupati berharap dengan adanya kreasi bahan pangan berupa ikan, anak-anak dapat cinta, dan gemar makan ikan agar mereka menjadi anak cerdas. Lebih lanjut, Bupati juga akan melakukan pengembangan dari kegiatan ini agar kreasi makanan dari masing-masing daerah dapat terus meningkat.

“ Ibu-ibu PKK ini kan sudah bisa dalam pengolahannya, bisa masak dan yang penting nanti bisa dalam penjualannya. Sekarang banyak hal sudah bisa dilakukan secara online. Seperti di Ponggok, BUMdes ibu-ibu PKK berkreasi  membuat makanan olahan dari duri ikan. Packing juga sudah bagus dan mereka bisa pasarkan lewat online atau dititpkan di Supermarket” terang Sri Mulyani.

Bupati juga mengapresiasi Tim Penggerak PKK Kabupaten Klaten yang telah memberikan pengabdian. Selalu semangat dan guyub bersama-sama meraih prestasi untuk ikut bekerjasama menyukseskan Kabupaten Klaten yang bersinar, maju, mandiri dan berdaya saing.

WhatsApp Image 2019-04-08 at 12.10.29
WhatsApp Image 2019-04-08 at 12.10.27
WhatsApp Image 2019-04-08 at 12.10.26

telah dibaca: 77 kali

Comments are closed.