Ingat! Mulai 10 Februari Jalan Pemuda Berlaku Satu Arah 24 Jam

KLATEN – Ruas Jalan Pemuda akan diberlakukan satu arah selama 24 jam non-stop mulai Kamis (10/2/2022). Pemberlakukan ini sehubungan uji coba perubahan aturan lalu lintas di ruas jalan protokol Kabupaten Klaten ini selama sebulan ke depan.

Sebelumnya, ruas Jalan Pemuda mulai dari simpang empat Bareng hingga simpang tiga Tugu Adipura berlaku satu arah pada pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Setelah jam tersebut, jalan protokol menjadi dua arah; dari arah Solo ke Yogyakarta dan sebaliknya.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Joko Suwanto mengatakan pemberlakuan arus lalu lintas tersebut berdasarkan hasil rapat forum lalu lintas Kabupaten Klaten pada Rabu (2/2/2022) lalu. Dalam rapat tersebut disepakati akan dilakukan uji coba arus lalu lintas searah di Jalan Pemuda yang berlaku selama 24 jam.

“Saat ini dimulai tahap sosialisasi sekaligus uji coba yang akan dilangsungkan selama satu bulan, terhitung mulai 10 Februari 2022,” ungkapnya, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya berdasarkan evaluasi, pertimbangan menerapkan satu arah dalam 24 jam di ruas Jalan Pemuda karena banyaknya kecelakaan lalu lintas. Terutama saat pergantian dari satu arah menjadi dua arah di rentang waktu pukul 22.00 WIB.

Baca Juga:  Mau Beli Hewan Kurban? Simak Imbauan DKPP Klaten

“Pada jam peralihan itu, pengendara dari arah Solo ada yang tetap melintas di sisi kanan Jalan Pemuda karena merasa masih searah. Sementara pengendara dari arah Yogyakarta yang baru masuk wilayah kota, melintas lurus masuk ke Jalan Pemuda karena memang sudah dibuka untuk dua arah. Ini dinilai sangat berbahaya karena rawan terjadi kecelakaan lalu lintas,” paparnya.

Lebih lanjut, Joko menilai sosialisasi ini akan lebih mudah karena saat ini masih dilakukan penutupan ruas Jalan Pemuda setelah pukul 21.00 selama penerapan PPKM. Diharapkan masyarakat akan cepat terbiasa dengan pemberlakukan ruas searah tersebut.

Saat ini Dishub Kabupaten Klaten menyiapkan sarana prasarana penunjang penerapan satu arah di Jalan Pemuda. Meliputi rambu lalu lintas terutama terkait informasi jam rambu yang selama ini dipasangserta literasi sosialisasi kepada masyarakat.

“Selama PPKM tetap akan dilakukan penutupan ruas jalan protokol mulai dari Jalan Veteran hingga Jalan Pemuda mulai puluk 21.00 hingga 05.00 WIB. Tapi untuk aturan satu arah-nya tetap diberlakukan,” katanya. (ang/Kominfo)

Baca Juga:  Masuk 50 Besar ADWI 2022, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Bugisan

telah dibaca: 402 kali

Comments are closed.