Ini Persyaratan Siswa Bisa Naik Kelas

Klaten – Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten menyosialisasikan syarat yang menjadi penilaian siswa bisa naik kelas. Hal ini sehubungan proses pembelajaran di Klaten belum sepenuhnya digelar dengan tatap muka.

Kepala Disdik Klaten, Wardani mengatakan siswa harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk naik kelas. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain; portofolio, penugasan, tes luring maupun daring, bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

“Jadi bukan hanya sekedar nilai ujian akhir semester yang menjadi acuannya,” ungkapnya, Selasa (20/4/2021).

Ia menjelaskan portofolio yang dimaksud berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya seperti penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya. Adapun ujian akhir semester digelar mulai tanggal 19 hingga 24 April 2021.

“Untuk ujian akhir semester, yang merupakan bagian daripada komponen lain yang dilakukan oleh satuan pendidikan yang bobotnya sekitar 20-30 persen,” paparnya menjelaskan.

Menurutnya penyelenggaraan ujian akhir semester di Klaten digelar secara daring dan paper based. Untuk paper based orangtua/wali siswa harus mengambil soal ujian dan dikerjakan di rumah masing-masing.

Baca Juga:  Masuk Klaten, Pemudik Harus Putar Balik

“Penerapan ujian akhir semester disesuaikan dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam masa Darurat Penyebaran Covid-19. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga siswa agar tidak terlalu banyak mobilitasnya sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat ditekan. Mohon dukungannya untuk pendampingan satuan prokes kepada satuan pendidikan,” katanya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 48 kali

Comments are closed.