Inilah 6 Inovasi Unggulan yang Dijagokan Melalui Program Klaten Smartcity

KLATEN- Hasil evaluasi Program Klaten Smartcity 2021 meloloskan enam inovasi sebagai unggulan dari berbagai instansi pengusung agar diimplemetasikan serius dan memberi manfaat bagi masyarakat. Keenam inovasi ini akan dinilai langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat Jakarta untuk diukur kemanfaatan dan keberlanjutannya.

Inilah enam inovasi sebagai unggulan yang digadang-gadang memberikan kemanfaatan dan mendorong akselerasi pelayan publik melalui Program Klaten Smartcity 2021.

1.Program Titip Berkas Arsip Digitalku atau Titip Bandaku dari Dinas Arsip dan Perpustakaan mewakili dimensi smart society.
Program ini bertujuan untuk menyelamatkan arsip vital penduduk seperti ijasah, sertifikat, BPKB, surat nikah, akte kelahiran dan lain sebagai dalam bentuk alih media secara digital khususnya warga di kawasan bencana. Inovasi Titip Bandaku Klaten kini maju ketingkat nasional di ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) untuk menerobos Top 99.

2.Program Matur Dokter dari Dinas Kesehatan mewakili dimensi smart living.
Program ini bentuk layanan kesehatan bagi masyarakat Klaten yang membutuhkan pelayanan kesehatan baik konsultasi, maupun layanan jemput bola.

Baca Juga:  PPKM Diperpanjang, Bupati Klaten Keluarkan Empat Instruksi Tegas

3.Program Sekolah Sungai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang mewakili dimensi smart enviroment.
Program ini merupakan gerakan sadar lingkungan berbasis masyarakat (social capital) untuk menjaga sungai dari pencemaran dan memberi nilai manfaat kehidupan yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

4.Program Satu Hari Dua Berita atau Sariduta dari Dinas Komunikasi Informatika mewakili smart branding .
Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas penyebarluasan informasi dengan menjaga konsistensi pemberitaan pemerintah. Tema pemberitaan didasarkan agenda setting berbasis perencanaan daerah.

5.Program Sistim Manajemen Administrasi Desa atau Smard dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mewakili dimensi smart goverment.
Program ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas layanan kependudukan dengan mendekatkan layanan berbasis pemerintahan desa.

6.Program Sistim Informasi Ketenagakerjaan dan Industri atau Sikendi dari Dinas Perindusterian dan Tenaga Kerja mewakili dimensi smart economy.
Program ini memudahkan pencari kerja untuk mengakses lowongan kerja dari dunia industri. Diharapkan program ini bisa efektif untuk memangkas angka pengangguran di Klaten.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten

Baca Juga:  Direvitalisasi, Rowo Jombor Bakal Disulap Jadi Destinasi Wisata yang Keren

telah dibaca: 186 kali

Comments are closed.