Iwan Kelana PWI Jateng, “Berita On Line Butuh Ruang Putih”

KLATEN – Pemberitaan pemerintah harus mau berbenah di antara persaingan media konvensional agar makin diminati khalayak. Sentuhan itu bisa dilakukan dengan lay out yang menarik. Salah satunya menyajikan ruang putih di antara tampilan berita.

Tips itu disampaikan Iwan Setiawan Kelana (46), Sekretaris PWI Jawa Tengah saat didaulat menjadi pembicara di acara Evaluasi dan Monitoring Kontributor Berita Daerah Website Jatengprov.go.id di Hotel Santika, Pekalongan yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah (Selasa, 28/09). Acara yang dihadiri 25 kontributor berita kabupaten/kota se Jawa Tengah itu, Iwan Kelana disandingkan dengan pembicara lain Chandra Adi Nugraha, fotografer senior Harian Kedaulatan Rakyat.

“Membaca berita on line itu menurut penelitian antara 1 sampai 2 menit. Maka baiknya hindari kalimat atau pernyataan yang panjang. Satu alinea cukup 2 kalimat. Antar aline beri jarak. Itu namanya memberi ruang putih” kata laki-laki yang akrab disapa Bang Iwan.

Pria yang senang tampil berpeci klimis itu menerangkan sangat penting juga adalah penentuan judul. Judul menjadi daya tarik utama bagi pembaca sehingga kata Iwan bagi seorang penulis berita perlu sangat hati-hati.

Baca Juga:  Resmi, ASN Klaten Pakai “Saenaga” Untuk Presensi

“Judul berita pilihlah menggunakan kalimat aktif dan hindari pengulangan kata. Beda dengan berita cetak yang spacenya dibatasi, berita on line memang penulis lebih leluasa menggunakan kata. Gunakan kata dalam judul 5 sampai 10 kata. Biar pun judul berita on line bisa lebih panjang, tapi jangan juga lebay” pungkasnya.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 79 kali

Comments are closed.