Jalur Pedestrian Rowo Jombor Dibangun Sepanjang 2,6 Km

KLATEN – Warga Klaten dan sekitarnya bakal punya alternatif keren sekedar untuk jogging atau jalan-jalan. Tidak saja di Alun – Alun Kota Klaten atau Stadion Trikoyo yang kini menjadi lokasi favorit, nantinya pemerintah bakal membuat jogging spot itu di sekitar Taman Nyi Ageng Rakit di kompleks wisata Rowo Jombor, Krakitan, Bayat, Klaten.

Jalur pedestrian khusus pejalan kaki itu dirancang sepanjang 2,6 Km. Pengunjung bisa jalan kaki atau pun olahraga lari sambil menikmati pesona sunset (matahari tenggelam) atau sunrise (matahari terbit) berlatar bukit dan nelayan memainkan getek bambu tatkala memancing atau menjala ikan.

Melalui program revitalisasi Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWS-BS) seluruh pembangunan Rowo Jombor di tahun 2022 bisa rampung.
“Tahun ini dibangun pedestrian sepanjang 2,6 kilometer. Kalau melingkar hingga tersambung butuh 5,2 kilometer secara keseluruhan. Rencananya tahun depan akan dilanjutkan,” papar Kabid Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air BBWS-BS, Naryo Widodo, saat ditemui Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten beberapa waktu lalu.

Tahun ini dana revitalisasi Rawa Jombor yang dianggarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU) sekitar Rp 22,5miliar dari anggaran awal Rp 105 miliar. Namun masuk dalam anggaran yang di-refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Arsipus Klaten Gelar Bimtek “SRIKANDI” Versi Dua 

“Kegiatan masih difokuskan untuk penataan dan persiapan revitalisasi. Pengerukan sedimentasi rencananya dilaksanakan tahun depan. Yang mendesak saat ini adalah membersihkan area tampungan air Rawa Jombor, karena selain banyak keramba apung yang harus dibersihkan, masalah eceng gondok yang tersebar hampir di seluruh area juga harus diatasi,” katanya menjelaskan.

Terkait dengan kawasan pedestrian yang dibangun mengelelilingi Rawa Jombor, Naryo menjelaskan jalur tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai jogging track sekaligus melengkapi daya tarik wisata Rawa Jombor. Selain memperindah kawasan, jalur ini juga menjadi tanggul pembatas antara Rawa Jombor dengan jalur lalu – lintas kendaraan yang menjadi akses ke Rawa Jombor.
“Pengerjaan pedestrian sebentar lagi sudah selesai, tapi baru sebagian, belum tersambung. Karena anggarannya terbatas, diprioritaskan kegiatan yang paling penting dulu,” pungkasnya.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 43 kali

Comments are closed.