Kabar Duka, Seniman Lawak Mbah Minto Klaten Meninggal Dunia

KLATEN – Dunia seniman dagelan Jawa kembali berduka. Mbah Minto Suwito Siyam yang terkenal dengan Mbah Minto meninggal Rabu malam (22/12) pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Islam Klaten.
Mbah Minto meninggal di usia 85 tahun. Beliau sempat beberapa kali masuk rumah sakit sebelum akhirnya tutup usia.

Jenazah Mbah Minto Kamis pagi (23/12) sudah di rumah duka Selorejo, Krakitan, Bayat, Klaten. Beberapa tetangga terlihat berdatangan ke rumah duka untuk menyolatkan Mbah Minto dan menyampaikan bela sungkawa.

Sebagian tetangga yang lain mempersiapkan tiang deklit untuk menerima kedatangan tamu yang ingin memberikan penghormatan terakhir. Rumahnya Mbah Minto yang agak ke dalam dari jalan, membuat para takjiah yang datang harus masuk gang.

Dituturkan Wijiyanto (49) putra kedua Mbah Minto kalau almarhumah sempat membaik. Namun dua hari sebelum meninggal, Mbah Minto kesehatannya kembali menurun.

“Simbah sempat dua kali dirawat di rumah sakit. Jadi hitungan kami, simbah dirawat selama 11 hari sampai Rabu malam (22/12) beliau meninggal dunia” tuturnya.

Baca Juga:  RKPD 2023 Difokuskan Untuk Penurunan Angka Kemiskinan

Wijianto bercerita kalau sebelum dikenal sebagai seniman dagelan Jawa lewat konten youtube bersama Ucup Klaten, Mbah Minto di kalangan tetangga dikenal sangat akrab.

“Sebelum dikenal dengan sebutan Mbah Minto, di kalangan tetangga lebih mengenal dengan nama Mbah Siyam. Itu dulu. Sejak main youtube sekarang dikenal dengan Mbah Minto. Sebagai anak kami juga bangga simbah bisa membuat orang bahagia dan mendapat hati di tengah masyarakat. Tak lupa kami atas nama keluarga memohonkan maaf, jika mbah Minto semasa hidupnya ada kesalahan kepada siapa saja. Semoga kebaikan simbah menjadi amal baiknya” harap Wiji didampingi tiga saudaranya yang lain.

Mbah Minto muncul sebagai fenomena baru dijagat hiburan tanah air. Walau mencapai puncak kariernya di usia senja, celoteh dan lawakannya selalu ditunggu penggemarnya. Bersama tandemnya Mas Ucup sekaligus sang sutradara, Mbah Minto jadi popular dengan banyolan yang edukatif.
Kini Mbah Minto telah tiada. Terima kasih Mbah Minto pernah membuat masyarakat Indonesia bahagia.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten

Baca Juga:  Dukung Ketahanan Pangan, Ketua DPR RI Sebar Bibit Ikan Di Polanharjo

telah dibaca: 688 kali

Comments are closed.