Kabar Gembira, Kini 26 Koperasi Syariah Hadir di Klaten

Klaten – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten resmi membukan koperasi syariah majelis taklim. Koperasi syariah tersebut berbasis kelompok majelis taklim di tingkat kecamatan.

Kepala Kantor Kemenag Klaten, Anif Solikhin mengatakan berdirinya koperasi syariah berbasis majelis taklim tersebut merupakan inisiasi dari penyuluh agama Islam. Dengan hadirnya koperasi syariah bagi majelis taklim tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian umat.

“Penyuluh di Kabupaten Klaten bukan hanya berdakwah memberikan penyuluhan agama namun juga ikut mengembangkan ekonomi umat, dalam rangka untuk meningkatkan ekonomi di Kabupaten Klaten dalam pendekatan agama,” ungkapnya saat launching Koperasi Syariah Majelis Taklim di Gedung Sunan Pandanaran, Kamis (8/4/2021).

Menurutnya kesejahteraan umat harus seiring dengan peningkatan perekonomiannya. Karenanya sasaran anggota koperasi syariah pun merupakan jamaah majelis taklim yang menjadi binaan penyuluh agama Islam di 26 kecamatan se Kabupaten Klaten.

“Ke depannya nanti bukan hanya dari penyuluh agama Islam, namun juga majelis taklim lainnya yang ada di Kabupaten Klaten,” paparnya.

Baca Juga:  Stikes Muhammadiyah Klaten Melepas 139 Wisudawan Baru

Sementara itu, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Klaten, Tajudin Akbar mengatakan koperasi syariah harus tetap berpegang pada prinsip dasar koperasi, yaitu usaha bersama berazaskan kekeluargaan. Namun dalam menjalankan fungsinya, koperasi syariah selain berperan untuk menguatkan kesejahteraan anggotanya, di sisi lain tetap menjunjung tinggi syariat dan prinsip agama Islam.

“Diharapkan hadirnya koperasi syariah ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Klaten semakin sejahterah,” katanya saat membuka secara resmi launching koperasi syariah mejelis taklim.

Selain itu, ia berharap keberadaan koperasi syariah majelis taklim dapat turut mendukung berkembangnya usaha mikro dan kecil di Kabupaten Klaten.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 61 kali

Comments are closed.