Kabar Gembira, Pemkab Klaten Membuka 2.572 Lowongan PPPK Formasi Guru

KLATEN – Ada kabar gembira bagi ribuan tenaga honorer Klaten. Pasalnya awal Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Klaten membuka 2.572 lowongan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK dari formasi guru yang bernaung di lingkungan Kabupaten Klaten. Kepastian itu tertuang dalam Pengumuman Bupati Klaten Nomor 811/2101/29 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK ) Tenaga Guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kabupaten Klaten Tahun 2021 tanggal 30 Juni 2021. Pengumuman itu seperti diunggah https://klatenkab.go.id/pengumuman-casn-2021-pemerintah-kabupaten-klaten/ tadi malam (Rabu, 30/06/21) dan sudah diunduh lebih 18.000 kali.

Kepala Sub Bidang Pengadaan dan Pengembangan Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Tamtama (Kamis, 01/07) menjelaskan pengumuman pengadaan PPPK dan CPNS ini sengaja diunggah di laman resmi pemerintah di klatenkab.go.id untuk diketahui dan memberi kepastian kepada masyarakat.

“Pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara PPPK Tenaga Guru ini dilakukan serentak bersamaan dengan seleksi CPNS. Jadi pendaftaran secara on line melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara di alamat https//sscasn.bkn.go.id. bekerja sama dengan Dinas Kominfo Klaten sebagai pengelola klatenkab.go.id. Jadi tahun 2021 ini lowongan PPPK gormasi tenaga guru ada 2.572 formasi” terang Tamtama saat dikonformasi.

Baca Juga:  Prosesi Sebar Apem Ditiadakan, Yaqowiyu Jatinom 2021 Digantikan Doa Kebangsaan

Dijelaskan juga bahwa PPPK formasi tenaga guru terdiri dari beberapa kriteria. Nantinya terkait seleksi administrasi atau filter pertama tetap dari Kementerian Pendidikan Pusat.

“Sesuai pengumuman resmi PPPK formasi tenaga guru ini terdiri dari empat kriteria. Yakni tenaga honorer eks Kategori II sesuai database tenaga honorer eks K-II BKN. Lalu kedua adalah guru honorer yang aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Kabupaten Klaten dan terdaftar di Dapodik Kemndikbudristek. Ketiga guru bukan ASN yang mengajar di sekolah swasta dan terdaftar di Dapodik Kemndikbudristek. Terakhir adalah lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di database Pendidikan Profesi Guru Kemndikbudristek. Yang perlu dicatat filter PPPK ada di Kementerian Pendidikan Pusat” tegasnya.

Sesuai Pengumuman Bupati Klaten Nomor 811/2101/29 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK ), Tenaga Guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kabupaten Klaten Tahun 2021, selain membuka lowongan 2.572 PPPK formasi tenaga guru, Pemerintah Kabupaten Klaten juga membuka lowongan 154 CPNS. Pendaftaran dilakukan secara on line melalui laman resmi Badan Kepegawaian Negara di alamat https//sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran dimulai 1 Juli dan berakhir 21 Juli 2021 .

Baca Juga:  Percepat Herd Immunity, Pemkab Klaten Programkan Desa Tuntas Vaksinasi

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 629 kali

Comments are closed.