Kali Pertama Musrembang Klaten Digelar Model Vidcon

KLATEN – Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrembang) RKPD 2021 Kabupaten Klaten tidak dilakukan dengan biasa. Di tengah masih mewabahnya cofid 19, Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) memilih acara Musrembang RKPD itu dengan cara video conference alias vidcon dengan protokol ketat di Pendopo Agung Setda Klaten (Selasa, 31/03/20).
Acara yang dipimpin langsung Bupati Klaten Sri Mulyani dan dihadiri Forkompinda itu dibagi enam titik lokasi berbeda yang terhubung dengan jaringan internet. Lokasi itu meliputi Kecamatan Prambanan, Klaten Tengah, Pedan, Polanharjo, Delanggu, dan Pendopo Agung Setda Klaten sebagai sentral. Peserta yang hadir sekitar 295 yang terbagi di enam titik pun harus mematuhi physycal distancing. Lengkap dengan maskes, hand sanitizer dan tentu scrainning ketat dari petugas medis, maka peserta baru diperkenankan masuk ruangan. Tiap ruangan terdiri 50 tempat duduk berjarak 1m. Daftar undangan yang hadir seperti anggota DPRD, LSM, toga, tomas, akademisi, pers dan camat.
“Musrembang RKPD 2021 adalah inovasi jajaran Pemkab Klaten. Pelaksanaannya pun nanti dipersingkat dan jumlah peserta pun terbatas. Selain itu panitia menerapkan protokol covid 19 secara ketat. Terima kasih teman-teman panitia yang telah berinovasi menggelar acara ini” kata Sri Mulyani saat membuka acara.
Bupati menambahkan bahwa musrembang ini telah dilakukan berjenjang. Tapi kondisi tantangan global dengan merebaknya cofid 19 tidak menjadi kendala. Tahapan penyusunan perencanaan pembangunan harus tetap berjalan terus.
Pelaksanaan Musrembang via vidcom disambut baik banyak pihak. Salah satunya Hermawan (52) Kepala Paguyuban Camat wilayah Prambanan, sekaligus Kepala Desa Kemudo memberi apresiasi melalui testimoninya secara langsung.
“Musrembang kali ini luar biasa. Ini adalah inovasi bagi jajaran Pemkab Klaten. Di tengah kondisi masih mewabahnya cofid 19 bukan kendala bagi pemerintah untuk melaksanakan Musrembang. Justeru tantangan itu untuk melahirkan inovasi” kata Hermawan saat vidcom mewakili peserta dari Kecamatan Prambanan.
Dalam kesempatan usulan kepada Bupati Klaten Hernawan berharap layanan kependudukan seperti KTP, KK, akte kelahiran dan kematian bisa didekatkan lagi ke pemerintah kecamatan. Selain itu untuk mendorong UMKM, di wilayah Kecamatan Prambanan sebagai ring satu pengembangan wisata nasional bisa dibangun pusat promosi produk unggulan Klaten tak ubahnya Pekan Raya seperti PRJ di Jakarta.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 110 kali

Comments are closed.