Kamis, 14-01-2020 Mencatat, 8 Pasien Covid 19 di Klaten Meninggal Dunia

KLATEN- Kasus penularan dan terdampak covid-19 di Kabupaten Klaten masih membutuhkan perhatian banyak pihak. Berdasarkan data rilis Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten yang diterima Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten terhitung (Kamis, 14/01/20) menunjukan 8 pasien yang terkonfirmasi positif terinfeksi covid-19 dinyatakan meninggal dunia.

Selain itu terdapat penambahan 76 pasien terkonfirmasi covid-19 dan 35 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian, jumlah kumulatif covid-19 di Kabupaten Klaten menjadi 3.706 kasus. Dari jumlah tersebut 443 menjalani perawatan atau isolasi mandiri, 3.077 sembuh. Total kasus meninggal dunia menjadi 188 orang.

Kepala Dinas Kominfo Klaten Amin Mustofa menjelaskan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Klaten membutuhkan dukungan banyak pihak. Kebijakan ini kondisi sulit yang harus dihadapi bersama.
“Dari hari ke hari kasus terkonfirmasi positif covid 19 di Kabupaten Klaten masih tinggi. PSBB ini menjadi langkah pemerintah dalam upaya penegakan protokol kesehatan. Namun kata kunci ada pada kepatuhan masyarakat sendiri. Masing-masing memang harus patuh protokol kesehatan, kalau tidak ingin tertular” trang Amin.

Amin menilai masih ada sebagian masyarakat yang kendor dalam protokol kesehatan. Harapan pemerintah saat ini adalah penerapan PSBB dan vaksinasi. Setiap orang tua menurut Amin harus menjadi satgas di rumahnya masing-masing.
“Kalau tidak begitu penting, saya kira tetap tinggal di rumah adalah pilihan yang paling aman. Stay at home dulu lah. Kasus covid 19 di Klaten masih cukup tinggi. Kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan menjadi faktor kunci menekan covid 19. Kami mengharap masyarakat patuh. Pakai masker, jaga jarak hindari kerumunan dan sering-sering cuci tangan. Insyallah kita aman” pesan Amin.

Berdasarkan pengolahan data covid 19 dari tim teknis Dinas Komunikasi Informatika Klaten menunjukkan angka kematian kasus covid 19 yang terjadi masih sangat tinggi. Pada pekan pertama Januari 2020 nilai rata – rata kematian kasus terkonfirmasi covid 19 di Kabupaten Klaten ada di angka 3,4 dengan jumlah meninggal dunia ada 24 kasus.
Artinya dalam sehari warga Klaten yang meninggal akibat covid 19 rata-rata ada tiga orang atau lebih. Jumlah kematian tertinggi dilaporkan pada Senin (4/1/20) dengan 9 kasus dan disusul hari Rabu (6/1/20) dengan 7 kasus meninggal dunia.
Data ini menunjukan ada peningkatan sangat signifikan kalau dibandingkan sepekan sebelumnya yakni pekan keempat bulan Desember 2020.

Dari data yang diolah dari rilis Satgas PP Covid-19 Kabupaten Klaten oleh tim teknis Dinas Komunikasi Informatika Klaten pada pekan keempat Desember 2020 tercatat ada 19 kasus covid 19 di Klaten yang meninggal dunia atau dengan nilai rata – rata ada di angka 2,7.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 45 kali

Comments are closed.