Kampanyekan Aksidifa, Pemkab Klaten dan PPDK Gelar Bimtek

KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten bersama Perkumpulan Penyandang Disabilitas Klaten (PPDK) menggelar sosialisasi Aksidifa (Aplikasi Sistem Informasi dan Data Difabel) di Pendopo Setda Klaten, Senin(10/06/2024).

Kegiatan tersebut berlangsung lima hari yakni dari tanggal 7 Juni 2024 diikuti oleh OPD se-Kabupaten Klaten, dan tanggal 12 hingga 14 Juni 2024 diikuti oleh perwakilan 401 Desa atau Kelurahan se-Kabupaten Klaten.

Turut hadir Kepala Bapperida Klaten, Kepala Dissosp3appkb Klaten, PPDK, dan Tim teknis Diskominfo Klaten.

Dalam sambutannya Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida), Pandu Wirabangsa menyampaikan aplikasi Aksidifa adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PPDK kerjasama dengan Disability Rights Fund (DRF) dan Pemkab Klaten dalam rangka untuk pendataan penyandang disabilitas di Kabupaten Klaten.

“Hasil pendataan ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Daerah dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas. Tahapan penyusunan aplikasi ini merupakan satu rangkaian dengan penyusuan Rencana Aksi Daerah tentang Pemenuhan Penyandang Diasabilitas yang sekarang sedang proses di bagian hukum. Aplikasi ini selanjutnya digunakan dalam perencanaan pembangunan dengan menyasar pada pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas,” jelas Pandu.

Baca Juga:  Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Jadi Ke 220 Klaten dan HUT Ke 79 RI

Selanjutnya, seluruh peserta bimbingan teknis mengikuti sosialisasi Aksidifa bersama tim teknis dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten.

(ttr-kominfo/klt)

telah dibaca: 30 kali

Comments are closed.