Karya Bakti Mandiri Tahap 1 Tahun 2020 Resmi Dimulai, Wujud Sinergitas dalam Membangun Desa

Klaten- Karya Bakti Mandiri (KBM) Klaten Bersinar Tahap 1 Tahun Anggaran 2020 telah resmi dimulai. Upacara pembukaan kegiatan tersebut di laksanakan di Lapangan Desa Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan pada Kamis pagi (20/02/2020). Bertugas sebagai Inspektur Upacara dalam kegiatan ini Sekda Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi, dan Letnan Satu Arhanud Warsono sebagai Perwira Pelaksana. Program Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Klaten, KODIM 0723 Klaten, POLRES Klaten, dan masyarakat dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Klaten.
Turut hadir dalam Upacara Pembukaan hari ini, DANDIM 0723 Klaten Letnan Kolonel Kavaleri Minarso, S.I.P, Forkompinda, Asisten dan Staf Ahli Bupati, Jajaran KODIM 0723 Klaten, POLRES Klaten, Kepala OPD, Camat, Perangkat Desa, dan tamu undangan dari berbagai lapisan masyarakat.

Rencananya, Karya Bakti Mandiri Tahap 1 ini akan dipusatkan Di Desa Nglinggi, Kecamatan Klaten Selatan. Dalam laporannya, Letnan Satu Arhanud Warsono menyebutkan bahwa program ini dilatarbelakangi karena terbatasnya akses jalan antar desa sehingga menghambat akses pertanian dan pariwisata. Program ini akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Februari hingga 19 Maret 2020 dengan melibatkan tenaga kerja sebanyak 117 orang. Keseluruhannya beasal dari TNI 40 orang, POLRI 5 orang, teknisi 2 orang, aparat desa 5 orang, masyarakat 65 orang.

Sasaran pokok dalam kegiatan ini meliputi fisik dan non fisik, untuk fisik akan dilakukan betonisasi jalan sepanjang 286 meter, pembangunan talud sepanjang 802 meter, renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 10 unit, jambanisasi keluarga sebanyak 8 unit, renovasi tempat ibadah sebanyak 2 unit. Disamping itu, secara non fisik akan dilakukan penyuluhan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, radikalisme dan penyuluhan sertifikasi tanah kepada masyarakat. Pelayanan publik dari OPD Kabupaten Klaten pun akan dihadirkan untuk mempermudah masyarakat. Dalam program ini sumber dana berasal dari alokasi APBD Klaten dan swadaya masyarakat.

Sekda Jaka Sawaldi dalam sambutan Bupati Klaten yang dibacakannya menyebutkan bahwa tujuan program ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan dan juga memantapkan semangat kebangsaan dan kesadaran bela negara. Melalui program ini diharapkan dapat menekan timbulnya kerawanan sosial dan menumbuh kembangkan semangat persatuan dan kesatuan pada Masyarakat Klaten. Pihaknya juga berharap bahwa program KBM yang terarah dan terencana ini diharapkan dapat memenuhi harapan masyarakat. Kepada segenap instansi dan lapisan masyarakat, Sekda meminta agar sama-sama bergotong royong dalam membangun Kabupaten Klaten.

“Hadirin yg berbahagia untuk tercapainya tujuan ini, saya menghimbau segenap instansi terkait baik TNI dan POLRI, para camat kepala desa, seluruh lapisan masyarakat agar berperan secara aktif dan mengerahkan segenap daya dan potensi yang ada, dan juga saya berpesan bahwa tidak ada pengabdian yang sia-sia, jadi tetaplah Istiqomah dalam kebaikan. Selamat berkarya mari kita lanjutkan bakti dan pengabdian bagi kabupaten Klaten tercinta, bersama kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat bersama kita wujudkan Klaten yang keren, maju mandiri dan berdaya saing” Pesan Sekda Jaka Sawaldi.

telah dibaca: 40 kali

Comments are closed.