Kasus Positif Covid 19 di Klaten Bertambah 2 Orang, Satunya Klaster Gowa

IMG-20200426-WA0013
update 24 april 2020

KLATEN – Juru Bicara Satgas Gugus Percepatan Penanganan Pencegahan (Gugas PP) Covid-19 Kabupaten Klaten, Cahyono Widodo menyampaikan data terbaru mengenai penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Klaten, Jumat (24/04) terdapat penambahan 2 pasien terkonfirmasi positif.

Sehingga jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten saat ini sejumlah 9 orang. Dua pasien lama dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

“Hari ini terdapat penambahan 2 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Klaten. Seorang pasien merupakan klaster Gowa, dan satu pasien lainnya dengan usia rentan yang dimungkinkan terpapar melalui cucu yang pulang dari Jakarta.
Sehingga secara kumulatif sampai hari ini jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 11 orang dan 2 orang diantaranya telah sembuh” kata Cahyono.

Ia menjelaskan bahwa penambahan 2 orang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini masing-masing berasal dari Kecamatan Ngawen dan Kecamatan Klaten Utara.

“Dari Kecamatan Ngawen, satu orang terkonfirmasi positif Covid-19 berjenis kelamin laki-laki berinisial H berusia 49 tahun. Saat ini sedang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras dengan kondisi yang baik dan stabil. Kasus ini termasuk kategori “import case” karena pasien tertular pada saat melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan pada tanggal 18-23 Maret 2020 lalu.
Sedangkan satu pasien yang lain berkelamin laki-laki berinisial SHS berusia 72 tahun berasal dari Kecamatan Klaten Utara. Saat ini pasien menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro dengan kondisi yang stabil dan baik.

Pada kasus ini dimungkinkan pasien terpapar ketika kontak dengan cucunya yang pulang dari Jakarta pada tanggal 24 Maret 2020-11 April 2020. Karena kondisi fisik yang bersangkutan termasuk usia rentan dan mempunyai penyakit penyerta, sehingga mudah untuk tertular.

“Saat ini, petugas telah melakukan tracing atau pelacakan lebih dalam dan segera melakukan rapid test kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien, baik itu keluarga, kerabat maupun tim medis yang menangani sebelumnya.” tambah Cahyono.

Gugas PP Covid-19 Kabupaten Klaten terus menghimbau untuk Gugus Tugas RT/RW lebih memperketat dalam memantau warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten. Untuk warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW dan mengisolasi dirinya selama 14 hari dirumah masing-masing.
Apabila mengalami gejala-gejala atau sakit segera periksa di Puskesmas terdekat. Bagi seluruh masyarakat Klaten dihimbau untuk tidak takut, tidak panik, lakukan PHBS, makan makanan yang bergizi, dan berjemur antara jam 9-10 pagi selama 10-15 menit guna meningkatkan imunitas tubuh.

Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo

telah dibaca: 2518 kali

Comments are closed.