Ki Bayu Aji : Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal Lewat Pagelaran Wayang Kulit

KLATEN- Peringatan Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten, perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, dan sosialisasi gempur rokok ilegal dilaksanakan dengan pertunjukan wayang kulit.

Pegelaran wayang bersama Dalang Ki Muhammad Pamungkas Prasetya Bayu Aji dengan lakon “Wahyu Cakraningrat”dilaksanakan, Jum’at malam,(27/08/2022) di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan acara pentas budaya pagelaran wayang kulit menjadi salah satu bukti semangat dan cita-cita kita menjaga tetap lestarinya warisan budaya, khususnya budaya Jawa yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

“Pagelaran Wayang tidak pernah kehilangan penontonnya. Besarnya anemo penonton menjadi bukti besarnya atensi publik terhadap akar budayanya sendiri. Semangat kecintaan budaya ini harus terus dijaga dan dipupuk untuk sepatutnya dikenalkan dan diwariskan kepada anak cucu kita,” jelas Sri Mulyani.

Ia berpesan pada Hari Jadi ke – 218 Kabupaten Klaten dan Hari Ulang Tahun ke – 77 Kemerdekaan Republik Indonesia ini menjadi momentum untuk terus berbenah.

Ia menyebut kerja keras dan persembahan karya terbaik menjadi kewajiban dalam mengisi perjalanan pembangunan Klaten ke depan.

Baca Juga:  Launching Tim PSIK, Bupati : Bawa Kembali Kejayaan Sepakbola Klaten

Sebelum mulai pagelaran, dalang Ki Bayu menyerahkan wayang Abimanyu kepada Bupati Klaten secara simbolik.

Selanjutnya Ki Bayu Aji mempunyai pesan khusus dalam rangka Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan program Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT) dengan mengangkat lakon Wahyu Cakraningrat.

“Selamat Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten, semakin bersinar dan jangan lupa gempur rokok ilegal,” ujar Ki Bayu Aji.

Pagelaran wayang kulit tersebut digelar semalam suntuk. Turut menghadirkan Apri Mimin, Eka Kebumen dan, Gareng Kebumen.

Terakhir, terlihat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedagang kaki lima turut meramaikan serta berjejer membuka lapak dan animo masyarakat juga banyak sehingga memenuhi Halaman Kantor Pemda Klaten.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 70 kali

Comments are closed.