Klaten Dominasi Lomba Krenova se-Soloraya

Tim Krenova Kabupaten Klaten berhasil mendominasi dalam Lomba Krenova se-Subosukawonosraten (Eks-Karisidenan Surakarta), baik untuk Kategori Pelajar maupun Kategori Umum. Lomba Krenova Kategori Pelajar diselenggarakan pada hari Senin 30 September 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sragen. Sedangkan Kategori diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 di Solo Techno Park, Kota Surakarta yang dibuka langsung oleh Asisten Pengembangan Ekonomi Setda Kota Surakarta.

Untuk kategori Pelajar, Klaten merebut 2 piala, dengan menempatkan 2 juara di posisi puncak, yaitu:
Juara 1 dimenangkan oleh Leony Vita Artanti (dari SMA Negeri 1 Klaten) dengan temuan produk inovasi berupa WASPION (Wayang Sampah Plastik Lampion), sementara Juara 2 dimenangkan oleh Tim Krenova dr SMK N 2 Klaten (Luqman Arif Rachman, Danu Pratomo, Ridha Nurrachmat, Rayhan Aswiansyah, Fatwa Imam Maulana) dengan temuan produk berupa SMART STICK.

Lomba Krenova Se-Soloraya untuk Kategori Umum yang diselenggarakan 2 hari setelah kategori pelajar, (Rabu, 2 Oktober 2019) di Surakarta, perwakilan Kabupaten Klaten membawa pulang Juara 3 melalui Sri Murtono dengan temuan produk inovasi berupa Hasil kerajinan rumah tangga dari hasil olahan limbah kelapa muda.

Muhammad Umar Said, S.Hut., MPP., M.Eng selaku Kabid Penelitian Pengembangan Pengendalian dan Evaluasi (PPPE) BAPPEDA Kabupaten Klaten memimpin langsung Tim Krenova Kabupaten Klaten dalam 2 Kategori tersebut.
Menurut Umar, dengan pencapaian ini, selama 4 tahun terakhir Klaten tidak pernah absen menjuarai Lomba Krenova tingkat Soloraya baik kategori umum maupun pelajar, semoga nantinya akan berimbas untuk prestasi Klaten di level provinsi maupun nasional. Umar juga menuturkan pentingnya tindak lanjut pasca lomba berupa hilirisasi produk yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas sekaligus memberi nilai ekonomi baik untuk sang inventor maupun masyarakat penggunanya.

telah dibaca: 125 kali

Comments are closed.