Klaten Menjadi Tuan Rumah Gelaran Atraksi Seni dan Budaya Se Solo Raya 2018

Sekertaris Daerah Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi yang mewakili Bupati Klaten, secara resmi membuka gelaran event bersama Forum Solo Raya, secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong di Alun – Alun. Sabtu (22/9)

Kepala dinas Pariwisata dan kebudayaan pemuda dan olahraga Kabupaten Klaten Pantoro, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Pemprov Jateng yang bertujuan untuk mendorong  sinergitas forum komunikasi se-Solo Raya dalam menumbuh kembangkan pariwisata di Solo Raya, sehingga Solo Raya dapat menjadi destinasi wisata unggulan di Jawa Tengah dan secara Nasional.

Pada malam itu ada 7 kabupaten/kota se-Solo Raya yang menunjukkan kesenian tradisionalnya seperti:

  1. Tari Indonesia Jaya dari Kota Surakarta
  2. Tari Nirmala dari Kabupaten Sragen
  3. Tari Dredah Pepradah dari Kabupaten Sukoharjo
  4. Tari Kipas Leter Putri dari Kabupaten Klaten
  5. Tari Kongkorokok dari Kabupaten Karanganyar
  6. Tari Kerincing Nogiren dari Kabupaten Wonogiri
  7. Tari Soreng dari Kabupaten Boyolali

Bupati Klaten dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Klaten berharap potensi seni budaya di wilayah Solo Raya dapat lebih terangkat dan dikenal wisatawan lokal dan mancanegara. Serta masyarakat diharapkan turut serta dalam mengembangkan pariwisata secar terus menerus agar kekayaan pariwisata Jateng berkembang dan menjadi konsumsi bagi masyarakat Indonesia.

“Wilayah solo raya ini mempunyai seni budaya yg adiluhung, sehingga harus dilestarikan & dikembangkan” Kata Sekda Klaten.

telah dibaca: 114 kali

Comments are closed.