Komisi IV DPR RI Tinjau IPAL Daleman, Tulung

Komisi IV DPR RI tinjau instalasi pengolahan air limbah (IPAL) dan pengrajin mie soun di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kamis (16/06/2022). Dalam kunjungannya tersebut, Komisi IV DPR RI didampingi oleh Wakil Bupati Klaten, Pj Sekda Klaten, DLHK Jawa Tengah, OPD Klaten terkait dan lainnya.

Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang berada di Desa Daleman tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Denmark. Limbah pengrajin mie soun dapat dimanfaatkan untuk hal yang positif, sehingga membuat Pemdes Daleman, Pemkab Klaten dan Pemprov Jawa Tengah mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Denmark untuk pengolahan limbah pengrajin soun. Kemudian, Pemerintah Denmark memberikan bantuan IPAL yang pembangunannya mulai dilaksanakan pada tahun 2018.

IPAL bantuan Pemerintah Denmark tersebut dibangun di atas tanah kas Desa Daleman. Perwakilan Pemerintah Desa Daleman mengatakan seluruh kegiatan mulai dari perencanaan, pelaksanaan di lapangan, pengawasan ditangani langsung oleh Pemerintah Denmark yang bekerjasama dengan pemborong.

Menanggapi terhentinya pembangunan IPAL tersebut, Ketua Tim/ Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini menyampaikan bahwa Komisi IV akan membantu pemerintah desa/ daerah untuk melacak dan menindaklanjuti ke kementerian atau pihak terkait lain agar pembangunan segera dapat diselesaikan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Selain itu, dirinya juga meminta pemerintah desa untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat Desa Daleman tentang pengelolaan limbah pembuatan soun.

Baca Juga:  Car Free Day Klaten Kembali Digelar, Lokasi Pindah di Jalan Mayor Kusmanto

“Nanti kami Komisi IV akan bantu melacak dan menindaklanjuti ke kementerian atau pihak lain tentang lanjutan pembangunan IPAL ini. Saya minta pemerintah desa juga bisa memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakatnya akan pengelolaan limbah industri soun ini.” jelas Anggia. (Doc/Rilis/Prokopim-Klt)

telah dibaca: 41 kali

Comments are closed.