KPU Kabupaten Klaten Uji Coba penggunaan Situng jelang Pemilu 2019

Klaten-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Klaten menyelenggarakan Uji Coba penggunaan Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019 pada Selasa (02/04). Acara yang berlangsung di kantor KPU Kabupaten Klaten tersebut dihadiri jajaran Forkominda Kabupaten Klaten, Pimpinan Partai Politik serta Operator Situng.

Ketua KPU Kabupaten Klaten Kartika Sari Handayani menjelaskan bahwa Situng bukan merupakan hasil secara sah namun suatu mekanisme baru dari KPU RI dalam rangka transparansi kepada masyarakat terkait hasil perhitungan suara sehingga diharapkan tidak timbul masalah baru pada saat pemilu 17 April 2019 mendatang. Beliau juga berharap Pemilu di Kabupaten Klaten dapat berjalan dengan damai, aman dan sejuk.

Dalam pelaksanaannya diperlukan sinkronisasi yang baik antara infrastruktur dan software situng agar system dapat berjalan sengan baik dan data situng menjadi akurat. Anggota KPU Klaten Divisi Teknis Penyelenggaraan, Syamsul Huda menjelaskan alat kebutuhan aplikasi situng mencakup Laptop/PC sesuai spesifikasi, Scanner dan jaringan internet yang stabil. Syamsul menambahkan manfaat aplikasi situng ini sebagai alat penghitungan, rekapitulasi, penetapan, dan juga publikasi.

 

telah dibaca: 173 kali

Bagikan melalui:

Comments are closed.