Kreasi Seni Budaya Meriahkan Rangkaian Bersih Desa Soran

Klaten – Dalam rangka bersih desa, warga Dukuh Soran Desa Duwe, Kecamatan Ngawen, Klaten menggelar pesta rakyat. Berbagai seni budaya seperti seni gejog lesung, tari kreasi baru, jatilan serta musik angklung ditampilkan dalam pesta tersebut dengan acara puncak pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Baratayuda dengan dalang Ki Kusni Kesdik Kasdo Lamono, Jum’at (1/9).

Kepala Desa Duwet Suyono mengatakan pesta rakyat dengan menampilkan berbagai seni tradisi tersebut sebagai rangkaian bersih desa yang sudah menjadi agenda rutin warga setempat.
“Untuk bersih desa kali ini sangat meriah , pasalnya melibatkan seluruh warga sekitar ikut serta dalam penampilan seni budaya yang ada , tidak hanya anak-anak saja yang menampilkan seni kreasinya, namun para remaja dan ibu-ibu setempat pun tidak mau kalah ikut serta meriahkan tradisi bersih desa”,katanya.

Dukuh Soran merupakan salah satu desa wisata seni dan budaya yang ada di Klaten. Dengan adanya pesta rakyat yang menampilkan berbagai seni tradisi dari daerah setempat diharapkan agar bisa menjaga warisan leluhur agar tidak hilang tertelan jaman.

telah dibaca: 234 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *