Kreatifitas Siswa SMK Dipamerkan Di TMMD Kodim Klaten

KLATEN TMMD Reguler ke-96 Kodim 0723/Klaten, dijadikan ajang untuk pameran hasil kreatifitas sejumlah siswa SMK di Kabupaten Klaten. Hasil kreatifitas siswa SMK itu bisa dikenalkan kepada masyarakat luas.

Seperti yang ditunjukan para siswa SMK N 2 Klaten, yang memamerkan penemuannya berupa  alat penjemur baju otomatis berbahan baku  pipa aluminium, alat  pengukur tinggi badan secara otomatis, alat pencacah rumput untuk makanan ternak,  alat pengayak kompos pupuk organik.

Dijelaskan Pasiter Kodim 0723/Klate, Kapten Inf. Inf Basuki, untuk siswa SMK Kristen 5 Klaten, memamerkan  produk Quik Hi Kreint utk menangani mesin hidrolik scr manual, Elektrik Hi Quik Kreint alat penyempurnaan Quik Hi Kreint menggunakan listrik.

Selain itu juga Fuelit Autrine, alat pengirit BBM sepeda motor injeksi dan karborasi, alat pembersih mesin injeksi, Heater Room alat penghangat ruangan.

“Perlu diketahui,  penemu alat Quik Hi Kreint dari SMK Kristen 5 kab Klaten pernah Juara 1 lomba hasil karya tingkat SMK se Jateng thn 2015”,  beber Basuki.

Masih di ajang TMMD, untuk membangun komunikasi sosial (Komsos), disela-sela  pelaksanaan TMMD Reguler ke-96, sejumlah anggota TNI Kodim Klaten akan menggelar pertandingan persahabat sepak bola dan bola voly dengan warga Desa Panggang, Kecamatan  Kemalang.

Menurut Dandim 0723/Klaten, Letkol Inf. Bayu Jagat, kegiatan olah raga bersama itu selain untuk menghilangkan kejenuhan dengan rutinitas pengerjaan proyek fisik di TMMD, sekaligus untuk menjalin komunikasi sosial dengan warga  terutama pemuda desa yang dijadikan sasaran TMMD.

“Dengan cara itu prajurit TNI akan lebih akrab dengan para masyarakat utamanya pemuda, dan bisa terjalin komunikasi yang bermanfaat”,  jelas Dandim.

Dikemukakan, sebelum pertandingan sepak bola dan Volly di laksanakan, direncanakan TNI Kodim Klaten  yan diwakili oleh Danramil Kemalang, Kapten Inf. Jatmiko.

Itulah TNI, sebelum melakukan kegiatan dalam mengerjakan proyek fisik di TMMD Reguler ke-96 Kodim Klaten,  selalu dilakukan koordinasi dan apel prajurit.

Seperti  yang dilaksanakan Sabtu (7/05) pagi, Danramil Kemalang,  Kpt Inf.Jatmiko melaukan koordinasi dengan Perwira Komando Taktis (Kotis) TMMD, Kpt.  Inf.  Rudolf W, melaksanakan koordinasi di Pos Kotis TMMD Reguler ke-96 Kodim Klaten, di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang. Usai Koordinasi,  kedua perwira TNI Kodim Klaten itu mengapelkan para prajurit yan diterjunkan di TMMD. Sejumlah arahan diberikan,  sesuai perkembangan proyek fisik yang telah dikerjakan 4 hari sejak dibukanya TMMD tanggal 3 Mei 2016 yang  lalu.

Menginjak hari ke -5 pelaksanaan TMMD Reguler ke -96 Kodim 0723/Klaten, semua proyek fisik yang direncanakan sudah mulai disentuh. Yakni, selain melanjutkan betonisasi jalan yang bisa dijadikan jalur evakuasi, juga pengerjaan jamban warga, rehab masjid juga rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di Desa Panggan, Kecamatan Kemalang.

“Mulai hari ini, senua proyek fisik sudah kami sentuh.Mulai betonisasi, jambanisasi, rehab masjid dan rehab rumah tidak layak huni beberapa warga Desa Panggang”, jelas Danramil Kemalang, Kapten Inf. Jatmiko.

Sebagaimana diketahui,  proyek fisik utama  TMMD Kodim Klaten 2016, diantarnya  adalah  pembetonan jalan  sepanjang 1.595 meter, dengan lebar 3 meter  dan ketebalan 0,1 meter. Selain itu juga  rehabilitasi rumah tak layak huni (RTLH) di Desa Panggang sebanyak 10 unit. Juga rehabilitasi jamban sebanyak 8 unit .

telah dibaca: 41 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *