Kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ke Candi Merak

Klaten – Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, Rabu (25/1/2017) mengadakan kunjungan kerja  di sejumlah tempat di Kabupaten Klaten salah satunya ke Candi Merak di Kecamatan Karangnongko Klaten. Gubernur Jawa Tengah mengunjungi Candi merak didampingi Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani dan Muspida.

Candi Merak merupakan obyek wisata cagar budaya yang didirikan sekitar abad 9-10 Masehi pada masa Kerajaan Mataram Kuno masa Wangsa Syailendra yang menganut agama Hindu Syiwa.

Candi Merak Pertama kali ditemukan sekitar tahun 1925. Saat itu candi berada pada sebidang lahan yang ditumbuhi sebatang pohon Joho raksasa. Rupanya rimbunnya  pohon Joho menyebabkan banyak burung Merak bertengger dan tidur di atas pohon setiap hari. Saking tuanya umur pohon Joho , suatu ketika pohon tersebut roboh.

Dibawah perakaran pohon besar itu ternyata tersimpan reruntuhan sebuah candi yang ditemukan berupa arca dan bebatuan.Candi yang ditemukan saat itu belum memiliki nama,mengingat pohon Joho yang tumbuh kala itu dijadikan “rumah” burung Merak maka sebagai tetenger candi tersebut  dinamakan “Candi Merak”.

Kompleks Candi merak berdiri di lahan seluas sekitar 2000 meter persegi.  Selain sebagai tempat wisata, Candi Merak juga digunakan untuk upacara keagamaan Umat Hindu, salah satunya upacara Hari Siwaratri yang akan diadakan Kamis 26 Januari 2017.

telah dibaca: 168 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *