Kunjungi Klaten, Presiden Pastikan Rumah Pompa di Karangdowo Berfungsi Optimal

 

KLATEN – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Klaten, tepatnya di Desa Tumpukan, Kecamatan Karangdowo, Rabu (19/6/2024).

Kegiatan tersebut dalam rangka memastikan kondisi peralatan pengairan lahan tanam padi di wilayah tersebut berfungsi optimal. Hal ini sehubungan dengan upaya pengendalian inflasi nasional yang disampaikan Presiden pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Jumat (14/6/2024). Disampaikan Presiden RI pengendalian inflasi ini sangat penting dan harus dilakukan oleh setiap kepala daerah.

“Apabila inflasi terkendali, maka tidak akan memicu kenaikan harga kebutuhan. Oleh sebab itu, setiap saya ke daerah, ketika bertemu bupati, wali kota dan gubernur, saya selalu menanyakan berapa besaran inflasinya,” papar Presiden.

Ia juga menyampaikan bahwa tahun 2050 diprediksi dunia akan mengalami kelaparan berat, jika tidak ada antisipasi. Tak kurang dari 50 juta petani pun diperkirakan akan kekurangan pangan karena tidak ada air.

“Jadi jangan main-main dengan kekeringan dan gelombang panas. Dalam tiga bulan ini saya perintahkan berbagai pihak terkait, seperti Kementerian Pertanian dan jajaran TNI Polri untuk menyalurkan bantuan sekitar 30 ribu pompa air, khususnya ke daerah-daerah yang produksi padinya tinggi,” kata Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Meriah! Festival Candi Sojiwan Hingga Desa Kebondalem Kidul Jadi Percontohan EKI

(ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 128 kali

Comments are closed.