Lepas Purna Kepala Pelaksana BPBD Klaten di sela “Ngopi Bareng Bupati”

Klaten (04/02/19) – Ada yang berbeda di acara “Ngopi Merapi bareng Bupati Klaten” yang diselenggarakan pada  Jumat (01/02/19) kali ini. Suasana Haru begitu terasa pada acara yang rutin di gelar di rumah Dinas Bupati setiap 2 minggu sekali ini sebab pada kesempatan tersebut bersamaan dengan acara Pelepasan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten H Bambang Giyanto SSos yang telah purna tugas terhitung 1 Februari 2019.

 Bambang Giyanto diangkat sebagai ASN pada 10 Oktober 1985 dan diangkat sebagai Kalak BPBD Klaten sejak 26 Agustus 2016. Selama sebagai ASN beberapa jabatan telah diemban antara lain Kepala Satpol PP, Kepala Dinas Perhubungan dan terakhir sebagai Kalak BPBD Klaten sampai purna tugas. Beliau menuturkan, dirinya terakhir bertugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) pada 31 Januari 2019

Dalam kesempatan tersebut Bambang Giyanto menuturkan  Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Klaten ada 31 orang, lalu di Klaten ada 41 kelompok relawan dan 26 kelompok relawan tingkat kecamatan. BPBD Klaten setiap ada kejadian bencana tidak bisa berbuat banyak tanpa adanya bantuan relawan. Beliau juga menegaskan, para relawan penanggulangan bencana alam merupakan pahlawan kemanusiaan dan selalu hadir setiap ada bencana. Para relawan tidak membutuhkan apapun selain pengakuan atas keberadaan mereka sebagai relawan yang membantu masyarakat setiap ada bencana alam.

 Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM yang turut hadir pada kesempatan tersebut berharap, meski  telah purna tugas, H. Bambang Giyanto tetap aktif sebagai relawan. Apalagi yang bersangkutan masih aktif sebagai pengurus PMI Klaten. Dukungan H. Bambang Giyanto sangat penting dalam mendukung sekolah sungai dan sekolah tangguh bencana dalam mewujudkan Klaten Bersinar, Mandiri dan Tangguh Bencana.

Senada dengan hal tersebut, Pakar sekolah sungai dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Suratman, MSc juga berharap H. Bambang Giyanto setelah purna tugas justru bisa maksimal sebagai relawan. Karena pengalaman dan dedikasinya dalam penanggulangan bencana alam sangat tinggi, sehingga H Bambang Giyanto sangat dibutuhkan dalam memperkuat relawan di Klaten.

Bupati Klaten Hj. Sri Mulyani tak lupa mengucapkan terimakasih kepada H Bambang Giyanto atas dedikasinya sebagai Kalak BPBD Klaten sampai pensiun. Beliau berharap semoga setelah pensiun selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Pada acara tersebut Bupati Klaten Hj Sri Mulyani memberikan cinderamata berupa foto kepada mantan Kalak BPBD Klaten H Bambang Giyanto.


telah dibaca: 23 kali

Comments are closed.