Liburan di Klaten, Jangan Lupa Oleh-oleh Khas Klaten

KLATEN – Klaten memiliki berbagai kudapan khas yang biasanya diburu oleh wisatawan dijadikan buah tangan. Inilah deretan oleh-oleh khas Klaten yang terkenal dan bisa dibeli untuk Anda bawa pulang.

Salah satu rutinitas wajib yang tak bisa ditinggalkan ketika sedang bertandang ke suatu daerah yakni berburu oleh-oleh. Terlebih lagi di Klaten, Jawa Tengah, yang mana terdapat beragam jenis buah tangan menarik dan menggiurkan. Meski bukan termasuk kota besar di Jawa Tengah, namun Klaten tetap jadi tempat transit favorit untuk berburu buah tangan khasnya.

 

1. Semprongan

Semprong atau semprongan adalah  salah satu jenis kue kering yang kerap menjadi oleh-oleh. Dengan berbahan tepung beras, santan, gula, mentega, telur, dan kayu manis yang dipanaskan menjadikan kue semprong yang renyah di lidah. Kue berbentuk pipa silinder tipis dengan cita rasa khas dan unik itu tetap eksis menjadi buah tangan yang diburu oleh masyakarat yang sedang berkunjung ke Klaten.

Tak heran juga masyarakat selalu memburu kue semprongi apalagi saat momen menjelang Lebaran kue tersebut untuk dijadilkan buah tangan. Karena kue semprong khas Klaten ini berbeda dengan kue semprong yang lain. Karena kue semprong khas Klaten ini menggunakan tepung beras dan tidak terlalu banyak menggunakan telur seperti kue semprong yang lain sehingga membuat kue semprong ini jadi renyah lebih lama.

Selain rasanya yang renyah lebih lama kue semprong khas klaten ini menjadi oleh-oleh yang diburu oleh masyarakat karena harganya yang tidak mahal yaitu satu kemasan kue semprong dengan berat setengah kilogram dibandrol dengan harga 35.000 ribu. Untuk para sobat bersinar yang ingin memburu kue semprong ini untuk dijadikan buah tangan buat sanak saudara dan keluarga di rumah apalagi sebentar lagi mau memasuki momen lebaran, kue semprong ini sangat direkomendasi untuk dijadikan oleh-oleh. Sobat Bersinar yang ingin mendapatkan kue semprong ini bisa bertandang  di Desa Sidowayah Kecamatan Polanharjo.

Baca Juga:  Kembali Raih WTP, Pj Sekda Klaten : Jadikan Motivasi Kerja

 

2. Keripik Belut

Berpindah dari makanan manis kini ke camilan yang gurih, keripik belut bisa jadi pilihan. Makanan ringan ini cocok dijadikan buah tangan karena rasanya digemari semua kalangan.

Selain gurih dan renyah, keripik belut memiliki daya simpan yang lama, sehingga direkomendasikan sebagai oleh-oleh yang dibawa ke luar kota. Bahan baku utama berupa belut yang digoreng kering, membuat camilan bisa dijadikan sebagai lauk pendamping nasi hangat dengan sambal.

 

disini ada keripik belut oleh-oleh khas klaten ini satu ini berasal dari belut. cemilan khas Klaten ini sangat rekomendasi dan cocok untuk dijadikan buah tangan karena keripik belut ini paling digemari oleh semua kalangan dari anak-anak hingga orang tua karena rasanya yang gurih dan renyah dan keripik belut ini biasa dijadikan untuk pendamping makan nasi dengan lauk hangat.

Keripik belut tidak hanya dijual sebagai kudapan masyarakat Klaten saja, namun kerap pula dijadikan sebagai buah tangan untuk para wisatawan yang bertandang kesini. Untuk mendapatkannya, cobalah berkunjung ke salah satu toko oleh-oleh yang berada di sepanjang jalan Kota Klaten. Disana telah tersedia beragam oleh-oleh khas Klaten termasuk keripik belut.

Baca Juga:  Wankes Kecamatan Dilantik, Wabup : Jaring Potensi Seni di Desa

 

3. Keripik Paru

Usai keripik Belut, Cemilan khas Klaten yang bisa Sobat Bersinar bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh yang paling direkomendasi adalah keripik paru. Sesuai dengan namanya keripik ini terbuat dari paru sapi pilihan sehingga memiliki ukuran paru yang sangat besar, rasanya pun sangat gurih dengan tekstur yang begitu renyah. Keripik paru ini sudah ada sejak puluhan tahun lamanya serta menjadi cemilan paling banyak disukai masyarakat.

Meski sudah ada sejak puluhan tahun lamanya cita rasa dari keripik paru tidak pernah berubah karena cita rasa yang khas dari perpaduan paru serta bumbu dan rempah-rempah khas lainnya.

Seperti keripik pada umumnya, keripik paru memiliki daya simpan yang cukup lama, sehingga layak dijadikan oleh-oleh usai mudik maupun berkunjung ke Klaten. Keripik ini juga mudah ditemui di took oleh-oleh yang ada di Jalan Rajawali Kecamatan Klaten Tengah atau seputaran Alun Alun Klaten.

 

4. Getuk

Bila didengar namanya saja, makanan satu ini memang sangatlah familiar. Pasalnya, getuk biasanya bisa dijumpai di beberapa wilayah terutama Jawa Tengah. Namun untuk di Klaten sendiri, getuk menggunakan bahan yakni ketela pohon atau singkong yang diolah sedemikian rupa.

Baca Juga:  TMMD Reguler Ke-113 Desa Nanggulan Cawas Resmi Dibuka

Agar santapan ini lebih lezat lagi, anda bisa memberikan parutan kelapa ataupun gula yang dicairkan. Hal lain yang membuat para wisatawan tertarik untuk membawanya pulang, yakni penampilannya yang cukup menarik karena beragam warnanya yang begitu memukau mata.

Layaknya kudapan khas Klaten pada umumnya, getuk pula bisa dinikmati dikala sore hari ataupun di berbagai acara khusus lainnya sebagai suguhan. Karena terbuat dari ketela pohon, sehingga cita rasanya begitu legit dan memanjakan lidah yang menyantapnya. Getuk bisa didapatkan dengan mudah, cukup berkunjung ke pasar tradisional di sekitar Klaten.

Meskipun masuk kategori kue basah, getuk bisa menjadi teman perjalanan usai bertandang ke Klaten.

(ful-ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 359 kali

Comments are closed.