Loket Paten Kecamatan Gantiwarno Tampil Mentereng

KLATEN – Kantor Kecamatan Gantiwarno menjadi salah satu perangkat daerah yang terletak di sisi selatan Kabupaten Klaten yang persis berbatasann Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta. Walaupun ada di daerah perbatasan, layaanan publik kantor kecamatan yang pernah hancur akibat gempa bumi 2006 lalu itu, kini loket layanan publiknya dibangun tak kalah keren.

Tampilan loket Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan atau layanan Paten terbilang mentereng sekaligus mencerminkan tata kelola birkrasi yang modern, tidak kalah dengan instansi yang ada di perkotaan.

Sekat layanan sebagai front office megah bertekstur abu-abu. Tulisan Paten Kecamatan Gantiwarno mencuri perhatian berada di titik tengah berhias lampu backlight sebagai aksesoris.

Ruang tunggu pun dingin ber-AC nyaman. Ada televisi dinding yang menjadi hiburan pengunjung layanan. Ada juga koran bacaan dan minuman kemasan gratis yang bisa diminum pengunjung jika haus.

Kursi layanan bagi pengunjung yang langsung menghadap petugas layanan cukup keren dan bagus. Selain empuk dan berukir, para pengunjung layanan pun disambut ramah oleh petugas.

Baca Juga:  1.000 Pesepeda Ramaikan Gowes Kemerdekaan

Camat Gantiwarno, Klaten Lilis Yuliyati menceritakan kalau kantornya dulu pernah rusak parah akibat bencana gempa bumi. Seiring pemulihan layanan publik, maka gedung kantor kecamatan dibangun kembali berbarengan instansi pendukung lainnya.

“Dulu 2006 gedung kantor Kecamatan Gantiwarno luluh hampir rata dengan tanah akibat gempa. Setelah dibangun kembali, kini jajaran Pemerintah Kecamatan Gantiwarno terus berbenah khususnya dari sisi pelayanan. Yang penting memberi kemudahan dalam pelayanan. Itu prinsip kerja di wilayah” kata Lilis saat dibincang-bincang dengan Diskominfo Klaten (Jumat, 15/07/22).

Terkait rencana perbaikan sarana pendukung Camat Gantiwarno yang pernah membidangi kebencanaan di Badan Penanaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten itu menyebut sarat pendukung layanan publik.

“Kemarin ada tim penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan dari Kabupaten Klaten. Salah satu yang kami lengkapi adalah loket layanan informasi, pengaduan dan PPID. Selain itu maklumat layanan, nama petugas dan jenis layanannya. Kami siap untuk memperbaiki. Catatan itu untuk perbaikan untuk layanan kami lebih baik” tuturnya.

Pemberdayaan potensi desa cukup berkembang di Kecamatan Gantiwarno. Selain wisata kuliner, kerja kemitraan dengan sejumlah universitas dijalin Pemerintah Kecamatan Gantiwarno.

Baca Juga:  Jalan Bhali Jadi Pilihan Tempat Kulineran Baru di Klaten

“Kami membangun jejaring dengan perguruan tinggi. Ada UNS, UGM, UPN, Unwida Klaten dan universitas lainnya melalui kuliah kerja nyata atau KKN. Biasanya para mahaiswa membuat komunitas padepokan untuk tuga spengabdian. Di Desa Baturan, Gantiwarno cukup berkembang wisata kuliner tradisional seperti sayur buntel, batang talas, pecel dan hasil bumi petani lokal” pungkasnya.

Penulis : Joko Priyono, Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 58 kali

Comments are closed.