Lomba KPS Tingkat Jateng, Juri Datangi Langsung Sungai Poitan Klaten

KLATEN- Komunitas Peduli Sungai (KPS) Sungai Poitan mengikuti Lomba KPS tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berkenaan dengan penilaian lomba tersebut, Dewan juri mendatangi langsung sungai Poitan pada Senin (25/07/2022) di Desa Jagalan, Karangnongko, Klaten.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Agung Prihantono menyampaikan, KPS Sungai Poitan merupakan lokasi ketiga dari enam lokasi yang didatangi oleh dewan juri.

“Kedepan diharapkan para KPS dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat untuk mengelola sumber daya air, dengan melakukan inovasi dan penuh kemauan sehingga masyarakat peduli terhadap sungai,” jelas Agung.

Ia menjelaskan tahapan lomba mulai dari penilaian lapangan, kekuatan internal organisasi, aktivitas, dampak organisasi, paparan kinerja, administrasi, serta kualitas paparan.

Agung menyampaikan pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada Kamis (28/07/2022) dengan mengambil Juara I, II, III serta Harapan I, II, III.

“Penyerahan piagam akan diberikan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Tengah yang jatuh pada Senin, (15/08/2022),” jelasnya Agung

Baca Juga:  Gir Pasang dan Kali Talang Juarai API Award 2022

Pada sesi penilaian lapangan, Dewan juri melakukan diskusi serta tanya jawab kepada KPS Sungai Poitan. Adapun dewan juri yang melakukan penilaian berjumlah lima orang yakni Anik Sarminingsih, Sarwono, Imam Wahyudi, Agus Gunawan, dan Nathan Setyawan, didampingi Kepala BPBD Klaten, Sri Winoto dan perwakilan BBWS Bengawan Solo.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komunitas Sungai Poitan, Sukana mengucapkan selamat datang dan terimakasih telah meluangkan waktu untuk penilaian lapangan KPS Tingkat Provinsi Jateng di Sungai Poitan.

Sukana menyebut KPS Sungai Poitan sempat terhenti aktivitasnya saat pandemi Covid-19, namun saat ini mulai kembali bersemangat untuk mengelola sungai dan bisa mengikuti lomba di tingkat Provinsi.

“KPS Poitan telah bersama bersatu padu membersihkan Sungai Poitan dari tahun 2017 hinga saat ini,” pungkasanya.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 70 kali

Comments are closed.