Makin Keren, Kinerja Pengawasan Kearsipan Klaten Nomor Tujuh Terbaik Nasional

KLATEN – Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten kembali mengharumkan Pemkab Klaten di ajang Penilaian Pengawasan Kearsipan Tahunan 2020. Melalui lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Jakarta yang diumumkan secara daring (Selasa, 20/04/21), hasil Pengawasan Kearsipan Tahunan Kabupaten Klaten bertengger di urutan tujuh terbaik nasional dengan nilai 94,95 dengan predikat sangat memuaskan.

Penilaian pengawasan kearsipan ini menjadi agenda tahunan ANRI untuk mengukur kinerja pengawasan 508 kabupaten-kota, provinsi, lembaga kementerian / non kementerian secara nasional.
Menurut Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten Syahruna menjelaskan ada banyak aspek dasar yang dinilai. Aspek dasar itu untuk mengukur potensi kekuatan setiap lembaga atau daerah dalam melaksanakan fungsi pengawasan kearsipan.

“Kemarin tim penilai mencermati aspek dasar yang sudah dilakukan di Kabupaten Klaten. Hal ini meliputi aspek kebijakan, pengelolaan arsip dinamis meliputi penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan. Aspek lain adalah sumber daya kearsipan melipuri SDM kearsipan, organisasi kearsipan dan sarana prasarana serta pendanaan” jelas Syahruna kepada Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten (22/04/21) di lingkungan kerja.

Baca Juga:  Kisah Ustad Girpasang, Dari Gondola Macet Sampai Diserang Kera Hutan

Terkait tantangan penilaian PKPKT ke depan tidak lebih mudah. Sebab faktor penilaiannya mulai melibatkan OPD lain.
“Kali ini penilaian pengawasan kearsipan masih fokus di lembaga pengelola kearsipan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Klaten. Namun ke depan proporsi penilaian 40% di lembaga pengelola kearsipan dan 60% di masing-masing OPD. Makanya ini tantangan yang tidak ringan karena membutuhkan komitmen dan keseriusan banyak pihak” tambahnya.

Tahun 2019 penilaian hasil pengawasan diumunkan M. Taufik dari ANRI dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Cahyo Kumolo di Hotel Sunan Surakarta (Rabu, 26/02/2020). Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tingkat Nasional 2020 diterima langsung Bupati Klaten Sri Mulyani. Saat itu Program PKPKT Kabupaten meraih skor 89 dengan predikat memuaskan.

Berdasarkan hasil pengumunan ANRI secara daring yang dilakukan (Selasa, 20/04/21) Kabupaten Kebumen menenpati urutan pertama hasil pengawasan kearsipan nasional disusul Kota Yoyakarta, Kabupaten Magelang, Kota Surabaya dan KAbupaten Wonosobo. Urutan ke enam Kabupaten pati disusul Kabupaten Klaten, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Sleman dan Kesepuluh Kabupaten Musi Banyuasin.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Uang Insentif 4.102 GTT,/PTT di Klaten Cair

 

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 70 kali

Comments are closed.