Malam Tahun Baru, Jam Buka PKL Klaten Dibatasi

KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten terpaksa harus membatasi jam buka para pedagang kaki lima (PKL) dan warung makan pada malam tahun baru 2021 di seluruh wilayah Kabupaten Klaten. Kebijakan ini ditempuh untuk menghindari kerumunan warga yang biasanya ingin merayakan detik-detik malam pergantian tahun. Masyarakat diminta cukup menikmati malam pergantian tahun itu di rumah saja.
“Besok sore (Kamis, 31/12) bertempat di Halaman Mapolres Klaten akan digelar apel skala besar terkait pengamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. Semua aparat keamanan akan diapelkan guna melihat kesiap-siagaan petugas. Baik TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Orari dan komponen pendukung akan melaksanakan patroli skala besar. Apel ini digelar untuk pengamanan khususnya malam tahun baru 2021. Untuk diketahui masyarakat, untuk jam operasi pedagang juga akan dibatasi di malam tahun baru” terang Pelaksana Tugas (Plt) Satuan Polisi Pamong Praja Klaten Rabiman AP M.Si saat berbincang telepon dengan Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten (Rabu, 30/12).
Ia menambahkan khusus PKL dan rumah makan termasuk yang di obyek wisata jam operasi berdagang terpaksa dibatasi dan diharap maklum untuk menghindari kerumunan. Sesuai ketentuan surat dari Dinas Perdagangan, Usaha Kecil Menengah dan Koperasi Klaten untuk PKL di Alun-Alun Klaten dan sekitarnya dibatasi sampai pukul 20.00 Wib. Sedangkan untuk PKL dan rumah makan lainnya termasuk di obyek wisata dibatasi jam operasi berdagangnya sampai pukul 21.00 Wib.
“Petugas patroli nanti akan dibagi menjadi 3 tim. Masing-masing untuk wilayah kota, timur dan barat. Jadi pemerintah berharap demi kebaikan dan keselamatan bersama, khususnya mencegah penambahan korban covid 19 di Klaten, semua pihak bisa mendukung. Masyarakat diharapkan patuh dan tidak membandel” tambahnya.
Pria lulusan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) angkatan 1997 itu menjelaskan akan menyiapkan 84 personil Satpol PP untuk menjaga keamanan Bumi Klaten Bersinar tetap aman di malam tahun baru bersama jajaran TNI/ Polri. Selain itu juga didukung 30 personil Linmas yang disebar di empat Posko Nataru 2021 meliputi titik Al Aqsa, Alun-Alun Klaten, Prambanan dan Delanggu.
Berdasar data yang dirilis Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Klaten menyebutkan tingkat penularan covid 19 masih cukup tinggi. Sampai Selasa (29/12) tercatat jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi covid-19 di Klaten mencapai 3.093 orang. Sebanyak 438 orang menjalani perawatan di rumah sakit atau melakukan isolasi mandiri, 2.517 orang dinyatakan sembuh dan 138 orang meninggal dunia.
Penulis Joko Priyono Dinas Kominfo Klaten.

telah dibaca: 66 kali

Comments are closed.