Mas Narna Terpilih Sebagai Ketua Umum Kembali Dewan Kesenian Klaten Periode 2021-2026

KLATEN – Musyawarah Seniman Daerah (Musenda) Kabupaten Klaten pada rapat pleno ke-3 sekitar pukul 11.30 WIB secara aklamasi mengukuhkan lagi H Sunarna, SE, MHum yang akrab disapa Mas Narna sebagai Ketua Umum (Ketum) Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten Periode 2021-2026 yang diadakan di Pendopo Pemkab Klaten, Sabtu, 4 Juni 2021. Sebelumnya H Sunarna juga menjabat sebagai Ketum Wankes Klaten Periode 2017-2020.
Rapat pleno Musenda dipimpin Ketua Harian Wankes Klaten Periode 2017-2020, FX Setyawan DS, SH, MM, MH dengan didampingi Ketua I Wankes Klaten Suwito Radyo, SKar dan Sekretaris Umum Wankes Klaten Drs Djoko Sardjono dan Kristian Apriyanto dari Sekretariat Wankes Klaten. Musenda Kabupaten Klaten dibuka oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Klaten H Sri Nugroho, SIP, MM ditandai dengan pemukulan gong.
Pada rapat pleno ke-3 dengan agenda pemilihan ketua umum Wankes Klaten, pimpinan rapat pleno, FX Setyawan menawarkan kepada peserta apakah ada peserta yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Wankes Klaten. Namun, tidak ada peserta yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Wankes Klaten.
Setelah itu Ketua Wankes Kecamatan Jatinom, Haryadi mengusulkan pada forum agar H Sunarna dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum Wankes Klaten periode 2021-2026.
Melihat perkembangan forum Musenda yang setuju agar H Sunarna dikukuhkan lagi sebagai Ketua Umum Wankes Klaten Periode 2021-2026, maka pimpinan rapat FX Setyawan menawarkan kepada peserta Musenda, apakah disetujui jika H Sunarna dikukuhkan lagi sebagai Ketum Wankes 2021-2026?. Seluruh peserta menjawab, “Setuju.”
Maka pimpinan rapat FX Setyawan memukulkan palu rapat di meja tiga kali, “Thok…, thok…thok.” Sehingga secara resmi Musenda Klaten 2021 secara aklamasi mengukuhkan H Sunarna SE MHum sebagai Ketum Wankes Klaten periode 2021-2026.
Sementara itu H Sunarna SE MHum dalam sambutannya seusai dikukuhkan secara aklamasi sebagai Ketum Wankes Klaten periode 2021-2026 mengatakan, kebersamaan pengurus Wankes Klaten dan para seniman di Klaten telah mengantarkan Wankes Klaten sampai saat ini dengan berbagai kemajuan yang dicapai. Untuk itu ke depan, dukungan dan kebersamaan para seniman di Klaten harus terus dibangun agar seni budaya di Klaten semakin maju dan berkembang.
H Sunarna juga mengucapkan terimakasih kepada peserta Musenda Klaten yang telah memberikan amanatnya kembali kepada dirinya untuk memimpin Wankes Klaten selama lima tahun ke depan. Program yang bisa digelar diantaranya para pengurus Wankes Klaten dan Wankes Kecamatan untuk mengadakan silaturahmi setiap tiga bulan sekali guna memikirkan kemajuan seni budaya secara bersama-sama.
Pada kesempatan tersebut, H Sunarna, juga berkomitmen untuk melanjutkan program-program Wankes Klaten yang sudah dilakukan pada periode 2017-2020 diantaranya pembentukan Desa Ramah Budaya dan pembentukan Pamong Budaya di 401 desa/kelurahan di Klaten. Kemudian juga melaksanakan program Tri Karsa Budaya meliputi terwujudnya keluhuran, perkembangan dan kelestarian seni budaya di Kabupaten Klaten dengan moto Nguripke, Ngurupke dan Ngirabke seni budaya.
Musenda Klaten 2021 selain mengukuhkan H Sunarna sebagai Ketum Wankes Klaten Periode 2021-2026, juga berhasil memilih 12 anggota Tim Formatur untuk membantu menyusun pengurus Wankes Klaten Periode 2021-2026.
Adapun 12 orang anggota Tim Formatur tersebut masing-masing FX Setyawan DS, SH, MM, MH dari perwakilan pengurus lama, Ki Lanjar Wuryanto dari Bidang Seni Sastra, Endang Marta dari Bidang Seni Tari, Ansori dari Bidang Seni Rupa, Sartono dari Bidang Seni Musik, Kasino dari Bidang Seni Teater dan Paidi dari Bidang Humas dan Mass Media.
Kemudian Siswanto dari eks Kawedanan Kota Klaten, Haryadi dari eks Kawedanan Jatinom, Samana dari eks Kawedanan Delanggu, Jimbling Supriyadi dari eks Kawedanan Pedan dan Trimo dari eks Kawedanan Gondang Winangun.

Baca Juga:  5.000 Warga Klaten Ikuti Vaksinasi Covid-19

Penulis Paidi
Editor Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 91 kali

Comments are closed.