Masjid Joglo”Unik” Baitul Ma’mur Kunden Klaten, Bikin Tambah Khusyuk Ibadah

KLATEN – Salah satu bangunan masjid tergolong unik adalah Masjid Baitul Ma’mur. Masjid bercorak joglo ini terletak di Dukuh Tegalsari, Kunden, Karanganom, Klaten. Tepatnya sebelah selatan Jalan Raya Penggung-Karanganom atau sekitar 5 km dari arah timur Jalan Yogya – Solo.

Masjid dibangun terbuka tanpa dinding. Pilar-pilar kayu jati kokoh berdiri menopang atap masjid yang diplafon kayu jati ekspos. Dindingnya pun sama. Batu bata ekspos dominan mewarnai struktur bangunan.

Dua bilik gebyog dari jati mengapit ruang imam. Tembok dinding hanya ada di sisi kiblat. Sisi utara, selatan dan timur dibiarkan terbuka, sehingga angin semilir berhembus tak pernah henti sepanjang detik.

Keramik putih berukuran 60 cm terlihat mengkilat. Tempat bersuci yang ada di sisi selatan pun terlihat rapi dan bersih. Di sisi dalam hanya ada dua bangunan utama yang dipisahkan dengan rono (sekat pemisah) yang terbuat dari anyaman bambu untuk memisah jamah laki dan perempuan.

Fasilitas parkir pun sangat luas. Para pengunjung dengan rombongan tak perlu khawatir sebab kendaran bisa diparkir aman, begitu masuk area masjid.

Baca Juga:  DKPP Klaten Pastikan Kematian Ternak di Desa Tlogowatu Bukan PMK

Protokol kesehatan pun ada. Gentong-gentong besar di sisi barat siap menjadi tempat cuci tangan bagi pengunjung atau jamaah yang ingin masuk.

Di halaman depan berdiri sebuah prasasti hitam. Tertulis di atas prasasti “Telah diwakafkan tanah dan masjid Joglo Baitul Makmur dari H. Karyawan Hari Susetyo S.Sos yang beralamat Dukuh Kunden RT 04/02 Kunden, Karanganom, Klaten kepada Nahdatul Ulama Ranting Kunden, Karanganom, Klaten.

Letaknya yang strategis membuat Masjid Joglo Baitul Ma’mur seperti tak pernah sepi dikunjungi jamaah. Bangunannya yang unik selalu menarik dikunjungi. Bukan saja semilir angin yang tak pernah jemu berhembus, tapi suasana alamnya yang asri membuat kekusyukan sholat makin meninggi.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Dinas Kominfo Klaten

telah dibaca: 112 kali

Comments are closed.