Masyarakat Diminta Lebih Tertib Membayar PBB

Klaten – Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya meminta pemerintah desa untuk memberikan edukasi masyarakat agar lebih tertib dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Hal bertujuan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Klaten.

Yoga mengatakan banyaknya anggaran yang terkena refocusing menjadikan PAD sebagai andalan daerah dalam melaksanakan pembangunan. Menurutnya ketertiban masyarakat dalam membayar PBB membantu pemerintah untuk melaksanakan pembangunan di daerah.

“Jika sebelum pandemi banyak sektor yang menjadi andalan, kondisinya sangat berbeda dengan saat ini. Semakin tertib dan tepat waktu masyarakat membayar PBB, maka akan sangat membantu anggaran pemerintah,” paparnya saat memimpin rapat koordinasi di Kantor Camat Pedan, Senin (5/4/2021).

Ia juga meminta pemerintah desa untuk mengawasi pertumbuhan bangunan di wilayahnya. Pemdes diminta untuk memastikan bangunan-bangunan baru di wilayahnya sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hal ini lantaran tingkat ketertiban kepengurusan IMB berpengaruh pada perolehan PBB hingga pemanfaatan lahan yang terkendali.

“Para kades saya minta aktif mengawasi pembangunan yang dilakukan masyarakat. Pastikan sudah berizin sehingga pemanfaat lahan di desa dapat terpantau. Bila ada yang belum, silahkan diarahkan, Pemkab akan membantu dan menyederhanakan regulasinya sehingga pengurusannya lebih cepat,” ungkapnya.

Baca Juga:  ASN Klaten Salurkan Bantuan Masyarakat Terdampak Covid-19

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 22 kali

Comments are closed.