Masyarakat Lereng Merapi Kemalang Dambakan Bangunan Embung

Droping Air Bersih 2015

droping_airRabu (07/10) puluhan ribu masyarakat di lima wilayah Kemalang terima bantuan air bersih dari PT Tirta Investama Klaten melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klaten. Serah terima bantuan sekitar 300 truk tangki air masing-masing berisi 5000 liter dilakukan oleh managemen (HRD) PT TI Nurdin Suyono kepada kepala desa Tegalmulyo Sutarno, disaksikan Kabag Humas Setda H Wahyudi Martono, kepala Markas PMI Klaten Sabar dan empat kepala desa penerima bantuan yaitu Tlogowatu, Bumiharjo, Sidorejo dan Kendalsari, serta undangan lain, di dukuh Nggeneng Kidul desa Tegalmulyo.

Kepala Markas Cabang PMI Sabar mengatakan, PMI Klaten telah melaksanakan kerja sama dengan masyarakat Tegalmulyo Kemalang dan sekitarnya sejak tahun 2006 usai terjadinya gempa bumi saat itu. Kerjasama dilakukan dengan masyarakat antara lain dengan gerakan pipanisasi air bersih dan lain-lain termasuk membuat siaga masyarakat tanggap bencana diwilayah setempat. “ Sarana prasarana yang ada hendaknya dapat dipelihara dengan baik agar pemanfaatannya dapat tahan lama “ pintanya.

Hubungannya bantu air bersih dari PT TI, sabar menjelaskan, hingga hari Sabtu (03/10) lalu droping air telah mencapai sebanyak 185 truk tangki air. “ Droping air menggunakan mobil PMI dilakukan oleh anggota siaga masyarakat tanggap bencana setempat  sebanyak lima truk tangki air setiap harinya untuk lima desa “ terangnya.

Managemen (HRD) PT TI Klaten Nurdin Suyono mengatakan, mengingat hujan tidak segera kunjung datang dan musim kemarau nampaknya masih panjang maka droping air yang dilakukan disanggupi mencapai 300 truk tangki atau lebih. Dengan demikian diharapkan masyarakay sekitar lereng merapi dapat memanfaatkan bantuan dan mengurangi beban pengeluaran yang ditanggungnya.

Hubungannya dengan rencana pembuatan embung di desa setempat. Nurdin mengatakan, saat ini masih dalam tahap penelitian oleh Fakultas Biologi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. “ Pembuatan embung akan dilakukan oleh pihak lain, sementara PT TI hanya sebagai penyandang dananya saja “ ujarnya .

Kepala Desa Tegalmuyo Sutarno mengemukakan, masyarakat setempat yang posisinya paling dekat dengan gunung Merapai ( paling utara ) sangat mendambakan pembangunan embung yang direncanakan segera dilaksanakan. Karena dengan bangunan tersebut kedepan diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.

Kepala Dusun I Tegalmulyo Suhono ditemui terpisah mengatakan, jumlah penduduk diwilayahnya mencapai sebanyak 2567 jiwa tersebar di 22 RT 6 RW. Ketersediaan bak tandon air masyarakat terdapat sekitar 70 prosen dari jumlah RT yang ada , dengan kapasitas antara 5 hingga 7 truk tangki air berisi 5000 liter .

telah dibaca: 413 kali

Comments are closed.