Membuka Sosialisasi Pancasila, Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Nilai-Nilai Pancasila

Sosialisasi Pancasila bersama BPIP- Komisi II DPR RI dengan tema “Gotong Royong Membumikan Pancasila” diselenggarakan di Gedung Wongso Menggolo Klaten, Rabu (10/08/2022). Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Bupati Klaten, Direktur Hubungan Antar Lembaga & Kerja Sama BPIP RI, Komisi II DPR RI, Ketua DPRD Kab. Klaten, Ketua FKUB Prov. Jawa Tengah, Ketua FKUB Kab. Klaten dan tamu undangan lain.

Dalam sambutannya , Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa pembangunan karakter bangsa sudah menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi dan perilaku menyimpang hanya dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah pola pikir dan karakter pelaku. Oleh karena itu, Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah dan seluruh pihak perlu segera menyikapi dengan langkah-langkah yang sistematis, strategis dam komprehensif untuk menanamkan kembali nilai- nilai Pancasila.

“Kita ketahui bahwa, pembangunan karakter bangsa sudah menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi pada masa ini. Perilaku-perilaku menyimpang yang telah membudaya hanya dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah pola pikir dan karakter pelaku. Maka di sinilah kita semestinya kembali kepada nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung dalam Pancasila serta melakukan langkah-langkah yang sistematis, strategis dam komprehensif,” tutur Sri Mulyani.

Selanjutnya, Sri Mulyani menambahkan sosialisasi yang diprakarsai oleh DPR RI bekerjasama dengan BPIP RI dan FKUB Kabupaten Klaten merupakan salah satu langkah yang tepat. Sri Mulyani juga mengapresiasi dan mengucap terima kasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut seraya berharap semoga kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta untuk dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Liga 3 Jawa Tengah Bergulir, Ini Jadwal Pertandingan PSIK Klaten

“Saya menilai sosialisasi yang diselenggarakan pada hari ini merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mencapai maksud tersebut. Atas dasar itu, saya menyambut baik, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. yang terlaksana berkat prakarsa DPR RI bekerjasama dengan BPIP RI dan FKUB Kabupaten Klaten. Saya berharap dari kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta untuk dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan membangun kebersamaan dalam rangka menciptakan kehidupan masyarakat yang berjiwa Pancasila,” tambahnya.

Terakhir, Sri Mulyani juga berharap semoga kegiatan tersebut dapat menjadi sarana untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila.

“Saya juga berharap upaya-upaya yang bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila tidak hanya terbatas pada kegiatan-kegiatan semacam ini, akan tetapi akan terus diwujud nyatakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan, sebuah dasar negara seyogyanya tidak hanya cukup dipelajari dan dimengerti saja, akan tetapi yang lebih dari itu adalah pelaksanaannya secara nyata,” pungkas Sri Mulyani.

(Doc/Rilis/Prokopim-Klt)

telah dibaca: 138 kali

Comments are closed.