Memetri Embung, Warga Talun Kemalang Akan Kirab Puluhan Gunungan

02

Puluhan gunungan berisi hasil panen akan diarak warga Talun Kemalang sebagai rangkaian kegiatan memetri embung talun di desa Talun kecamatan Kemalang. Memetri embung ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga desa Talun Kemalang,untuk menjaga keberadaan embung yang sangat vital bagi warga.

Memetri embung tambak sari desa talun menurut rencana akan diadakan jumat pertama di bulan syakban atau jumat 13 mei 2016 sehabis jumatan. Kirab gunungan akan dimulai dari dusun plosokereb menuju embung tambaksari yang terletak di utara balai desa Talun Kemalang dengan jarak kurang lebih 1000 meter.

Menurut Nanang Jatmiko, tokoh pemuda Talun mengatakan kirab gunungan ini juga akan dimeriahkan kelompok kesenian ketoprak, jatilan dan juga kelompok tani, ibu ibu pkk dan siaga bencana, siswa sekolah.

Setelah kirab gunungan, prosesi memerti embung dilanjutkan dengan kenduri ratusan warga dengan dipimpin tokoh agama sekitar. Acara dilanjutkan dengan acara larung oleh pemangku adat.

Pihak panitia juga mengundang bupati klaten,kepala sekolah sungai dan bberapa pejabat skpd terkait.panitia juga berencana mengadakan penanaman pohon secara simbolis disekitar embung.

Sementara itu menurut camat kemalang,Pri harsanto,pihaknya mendukung upaya upaya yang dilakukan warga untuk menjaga embung.Karena keberadaan embung dikemalang sangat vital karena daerahnya tiap tahunnya selalu mengalami kekeringan.

telah dibaca: 144 kali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *