Menko Perekonomian : Yaa Qowiyyu Bukti Tumbuhnya Ekonomi Pasca Pandemi

KLATEN- Setelah dua tahun tidak diadakannya perayaan Yaa Qowiyyu karena pandemi covid-19 dan membuat ekonomi masyarakat sekitar Jatinom, Klaten menurun. Kini ditahun 2022, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto melihat perayaan Yaa Qowiyyu sebagai bukti tumbuhnya ekonomi di masyarakat.

“Jadi Kiyahi Ageng Gribig adalah inovasi pada zamannya dan hari ini kita lihat ekonomi masyarakat bergerak,” jelas Airlangga saat acara puncak Yaa Qowiyyu,Jum’at (16/09/2022) di Lapangan Klampeyan.

Ia mengapresiasi dengan antusias masyarakat karena setelah dua tahun pandemi covid-19.
“Seolah-olah semua merindukan acara ini dan ini bagian dari syiar Ki Ageng Gribig secara damai. Jadi selain mencintai negara tapi juga mencintai agama,” ungkapnya.

Pergerakan ekonomi semakin terlihat dikawasan Kecamatan Jatinom hingga lokasi penyebaran apem. Ratusan pedagang mulai dari makanan seperti apem, makanan ringan, minuman, dan pedagang lainnya.

Salah satu yang merasakan pergerakan ekonomi, Suti (58) mengaku sejak pembukaan tradisi Yaa Qowiyyu, Kamis (8/9/2022) sudah kebanjiran pesanan.
Ia mengaku setiap hari sebanyak 15-20 kg adonan kue apem ludes, terlebih saat perayaan kian membludak.

Baca Juga:  Peringatan HAU dan HDI: Dissosp3appkb Luncurkan Layanan Online Katca Ketawa

“Adanya acara Yaa Qowiyyu itu bisa menambah income (pemasukan) masyarakat sekitar, karena dengan sendirinya warga pasti berjualan apem dan dapat membah pendapatan khususnya di bulan Sapar,” pungkasnya.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 46 kali

Comments are closed.