Menteri Anas Dorong ASN Klaten Lakukan RB Lebih Berdampak

KLATEN- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menyapa Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Klaten, Kamis (22/02/2024) di Pendopo Setda Klaten. Dalam sambutannya, Menteri Anas berharap kedepan ASN di Kabupaten Klaten harus melakukan kegiatan Reformasi Birokrasi (RB) yang lebih berdampak.

“Jadi atasan harus melakukan monev setiap kegiatan dibawahannya secara berkala. Kemudian ASN birokrasi itu penting, selama ini reformasi birokrasi ini sulit atau rumit jadi kedepan harus berubah. Dan kedepan harus ada pemangkasan proses bisnis birokrasi di seluruh Indonesia khususnya Klaten agar layanan-layanan masyarakat lebih mudah dengan dibantu program digitalisasi,” terang Anas.

Kesempatan tersebut Menteri Anas juga berdialog dengan ASN di Kabupaten Klaten. Turut Hadir Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB, Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian PANRB, Forkopimda, Kepala OPD, ASN Klaten, dan hadir secara virtual jajaran Kementerian PANRB.

Sementara Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan terimakasih karena diadakannya pelatihan atau mengajar ASN guna memperkuat kinerja Pemerintah Daerah dalam rangka reformasi birokrasi, budaya kerja ASN, dan layanan kepegawaian.

Baca Juga:  Gelar Halal Bihalal, Ketua DPRD Klaten : Maksimalkan Kinerja Legislatif di Akhir Masa Jabatan

Sri Mulyani menyampaikan saat ini jumlah ASN Klaten sejumlah 10.215 orang yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejumlah 7.507 orang dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sejumlah 2.708 orang.

Ia juga memaparkan bahwa pada tahun 2023 ini penilaian reformasi birokrasi Kabupaten Klaten memperoleh indeks RB 78,38 dengan predikat BB.

“ Ini melonjak tajam dari tahun sebelumnya tahun 2022 yakni indeks RB 59,61 atau predikat CC. Tentunya ini merupakan kolaborasi OPD dan stakeholder Pemerintah Kabupaten Klaten dalam pencapaian nilai-nilai hukum untuk indeks RB,” kata Sri Mulyani.

Selanjutnya, Menteri PANRB bersama jajaran Kementerian PANRB didampingi Forkopimda Klaten juga meresmikan Sekolah Tinggi Hindu Dharma (STHD Klaten) yang berada di di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 111 kali

Comments are closed.