Menteri Pembangununan Luar Bandar Malaysia Kunjungi Umbul Ponggok

Menteri Pembangunan luar bandar Malaysia Datuk Seri Rina Moh. Harun mengunjungi di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Sabtu (27/10). Dalam kunjungannya didampingi oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Staf Kementrian Desa, serta Forkompinda.

“Semoga kedatangannya membawa berkah & semangat untuk selalu mengembangkan potensi BUMDes. Sehingga Desa Ponggok mampu menjadi destinasi wisata domestik maupun mancanegara.” Ungkap Bupati Klaten Sri Mulyani dalam sambutannya

Menurutnya Rini tertarik melihat langsung praktik baik Pemerintah Desa dalam mengelola Dana Desa untuk peningkatan PAD Desa, baik melalui BUMDes maupun usaha lainnya.

“BUMDes Tirta Mandiri Ponggok berhasil mengelola Dana Desa dengan konsep Holding dan Kemitraan berupa PT Umbul Ponggok yang telah berkembang menjadi destinasi wisata air. Ini menarik dijadikan percontohan bagi Desa-desa lain,” katanya.

Kata Rini, dalam waktu dekat ia juga akan mengutus 15 orang kepala Desa di Malaysia untuk belajar pengelolaan keuangan desa, Pemerintahan desa, serta pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes dengan unit-unit usahanya. Para Kepala Desa akan belajar di Ponggok selama 5 hari, setelah itu diminta untuk diaplikasikan ke daerahnya masing-masing palling tidak bisa menyediakan lapangan pekerjaan kepada masyarakat desa.

Sementara itu Kepala Desa Ponggok, Junaidi Mulyono mengapresiasi kehadiran Menteri Pembangunan Luar Bandar Malaysia yang telah bertandang ke Ponggok. Dirinya mengaku dengan adanya dd dan bumdes menjadi contoh dan dapat memicu desa lainnya untuk mengembangkan kegiatan desa di Indonesia bahkan dunia.

“Beberapa waktu lalu 24 negara di Asia Pasifik juga berkunjung ke Ponggok. Manfaat DD untuk pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat peningkatan ekonomi, disorot dunia dengan pengelolaan keuangan desa yang baik,” kata Junaidi Mulyono.

 

Sumber

 

telah dibaca: 117 kali

Comments are closed.