Menteri Teten Masduki : Produk Gula Cair Asal Klaten Layak Diekspor

Klaten – Sejumlah produk lokal Kabupaten Klaten menjadi sorotan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Produk asal Kota Bersinar dinilai memiliki potensi unggul dan berkualitas ekspor.

Hal tersebut disampaikan saat mengunjungi dua sentra produksi UKM di Klaten; UKM Gula Energi Nusantara, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum dan UD Kelapa Budaya, Belang Wetan, Kecamatan Klaten Utara, Jumat (9/4/2021). Dalam kesempatan tersebut, menurutnya kedua produk lokal asal Klaten ini memiliki kualitas yang mumpuni dan layak dijadikan produk lokal unggulan.

“Ini merupakan hal yang luar biasa, dimana produk yang dihasilkan UKM lokal memiliki kualitas ekspor. Potensi ini perlu didukung baik dari pemerintah daerah maupun pusat agar ke depannya dapat terus berkembang,” paparnya.

Teten juga mengapresiasi kedua UKM asal Klaten ini atas inovasi produk yang dihasilkan. Yaitu UKM Gula Energi Nusantara dengan produk gula cair dan gula caramel yang menjadi langganan produsen makanan olahan skala nasional, serta UD Kelapa Budaya dengan produk olahan kayu untuk perlengkapan dan furnitur rumah tangga.

Baca Juga:  Kendaraan Dinas Wajib Parkir Saat Libur Lebaran

Menurutnya selain kualitas produk yang harus dijaga dan dikembangkan, UKM lokal perlu mengembang plan business agar terus eksis. Dengan demikian, ia meminta pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkab Klaten untuk mendampingi UKM agar produk UKM semakin berkembang.

“Saat ini kami berkomitmen untuk membuat kebijakan yang membantu UKM untuk naik kelas menjadi industri. Sehingga selanjutnya banyak produk UKM yang go export,” katanya.

Didampingi Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, Menteri Teten meninjau langsung produksi warehouse milik UD Kelapa Budaya. Ia memuji hasil produk yang dibuat dari kayu-kayu berkualitas.

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 69 kali

Comments are closed.