Menteri Tito Dorong Kepala Daerah Kerja Kreatif dan Inovatif

Klaten – Puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXV tahun 2021 digelar secara virtual, Senin (26/4/2021). Kegiatan tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya bersama jajaran Forkompimda di Pendapa Kabupaten Klaten.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan bahwa otonomi daerah merupakan upaya desentralisasi kekuasan ke daerah dan memberikan hak pengelolaan daerah ke daerah. Dengan demikian, akan mengurangi ketergantungan daerah ke pusat termasuk transfer dana dari pusat ke daerah.

“Daerah dengan PAD-nya (Pendapatan Asli Daerah) bisa mengelola secara mandiri keuangan di daerah tanpa perlu campur tangan pusat. Sebagian kewenangan dan kewajiban dilimpahkan ke daerah,” paparnya.

Menurutnya dengan adanya otonomi daerah, pimpinan di level daerah dituntut tidak hanya mampu memimpin dan memangku jabatan politis semata. Namun juga harus mampu bekerja secara kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemandirian daerah dalam mengelola wilayahnya.

“Sudah saatnya pimpinan lebih kreatif dalam mengelola anggarannya dan sumber pendapatan daerah. Dengan demikian pendapatan yang masuk ke kas daerah akan meningkat dan berkembang sehingga daerah semakin mandiri. Hal ini tentu harus diimbangi dengan kerja inovatif dan menghasilkan kebijakan yang menopang kemandirian daerah,” katanya.

Baca Juga:  Kisah Ustad Girpasang, Dari Gondola Macet Sampai Diserang Kera Hutan

Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 36 kali

Comments are closed.