Meriah! Enam Ton Apem Disebar Dalam Acara Yaa Qowiyyu

KLATEN- Sejumlah enam ton apem disebar dalam acara tradisi Yaa Qowiyyu, yang digelar meriah. Ribuan masyarakat tumpah ruah di Lapangan Klampeyan, Jum’at (16/09/2022).
Penyebaran apem tersebut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Gubernur Jateng, Bupati Klaten, Wakil Bupati, dan Forkopimda Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan perayaan Yaa Qowiyyu tahun 2022 ini sangat meriah dengan membagikan enam ton apem.
“Apem dilempar atau disebar kepada masyarakat yang hadir disini (area sebaran apem) atau masyarakat yang ingin berebut apem. Nantinya apem bisa diberikan keluarga atau dikonsumsi langsung disini sesuai tradisi” ujarnya.

Ia berharap dengan Yaa Qowiyyu ini bersyukur setelah dua tahun dirayakan sederhana, kini mulai bisa merayakan seperti tahun-tahun sebelum covid-19.

“Tentunya dengan menghadirkan banyak warga masyarakat, baik dari Klaten maupun luar Klaten untuk sama-sama merayakan Yaa Qowiyyu merebutkan apem yang sudah disiapkan dari panitia,” ungkap Sri Mulyani.

Masyarakat yang hadir antuasias mengikuti mulai dari kirab gunungan apem dari Masjid Gede Jatinom hingga lokasi penyebaran apem hingga merebutkan apem.

Baca Juga:  Liga 3 Jawa Tengah Bergulir, Ini Jadwal Pertandingan PSIK Klaten

Salah satu warga yang larut dalam tradisi tersebut yakni Novi(23). Dirinya datang ke lokasi sebaran apem guna mendapat berkah dari tradisi Yaa Qowiyyu.
“Senang setelah pandemi, sekarang meriah sekali seperti dulu ada sebaran apem yang dinantikan warga,” jelasnya.

Perempuan asal Kecamatan Klaten Tengah tersebut rela ikut berdesakan dan menerjang kemacetan guna menuju lokasi penyebaran apem.
“Tadi Alhamdulillah dapat apem, semoga berkah,” pungkasnya. (ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 52 kali

Comments are closed.