Meriahkan Festival Reog, Ganesa Prambanan Suguhkan Tarian Anoman Duta

KLATEN- Gita Nerta Sasana (Ganesa) Desa Kobondalem Kidul, Kecamatan Prambanan usung Tarian Anoman Duta dalam memeriahkan Festival Reog Kabupaten Klaten.

Ganesa merupakan salah satu dari 14 kontingen atau peserta yang memeriahkan acara Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten dan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Rabu (31/08/2022) di Jalan Pemuda Klaten (Proliman Matahari).

Terlihat penampilan Ganesa sangat totalitas dengan kostum lengkap dengan tata rias Anoman, Kera, serta properti yang mendukung.

Salah satu anggota dari Ganesa yakni Reza Safitri (20) mengaku sempat berdebar dan bangga bersama 25 teman lainnya ketika tampil dihadapan Bupati Klaten dan jajaran.

Reza mepaparkan bahwa Tarian Anoman Duta merupakan gambaran dari jiwa muda Hanoman dan pasukan Kera di Gua Kiskenda yang memiliki semangat membara untuk terus menyelesaikan tugas kewajibannya. Kemudian berpegang teguh pada kesetiaan dan tanggung jawabnya sebagai prajurit. Tekad sang Hanoman dan pasukan begitu kuat dalam membasmi angkara murka. Maju berperang laksana kesatria yang gagah perkasa sebagai duta dari Sang Rama Wijaya.

Baca Juga:  Larwasda Tahun 2022 : Bupati Klaten Minta Seluruh OPD Wajib Berinovasi

Ia menjelaskan bahwa Sanggar Tari Ganesa baru terbentuk sekitar dua tahun, sehingga dalam penampilan membawakan Tarian Anoman Duta masih banyak yang harus dievaluasi.

“Saya harap semoga tahun-tahun depan, sanggar tari Ganesha dapat melanjutkan dan mengikuti festival yang nantinya diadakan lagi oleh Pemerintah Kabupaten Klaten,” pungkasnya.

(ttr/kominfo-klt)

telah dibaca: 45 kali

Comments are closed.