Meriahkan Hari Jadi Klaten, PMI Gelar Donor Darah Massal

KLATEN – Dalam rangka hari jadi ke-218 Klaten, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten menggelar kegiatan donor darah massal. Kegiatan tersebut dilangsungkan di Pendopo Ageng Kabupaten Klaten, kompleks Setda Klaten, Selasa (2/8/2022).

Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto mengatakan selain di Pendopo Ageng, kegiatan serupa juga dilangsungkan di kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tingkat kecamatan. Kegiatan tersebut juga digelar dalam rangka menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia.

“Donor darah ini diikuti ASN dan pegawai di lingkungan Setda Klaten dan masyarakat umum. Kami menargetkan dari kegiatan ini bisa terkumpul minimal 100 kantong,” paparnya kepada Tim Liputan Diskominfo Klaten.

Menurutnya kegiatan donor darah secara mobile tersebut sangat membantu pencapaian target stok darah di PMI Klaten. Hal tersebut sangat membantu masyarakat dan fasilitas kesehatan yang membutuhkan.

“Saat ini PMI Klaten rutin mendistribusikan stok darah ke beberapa rumah sakit di wilayah Klaten dan beberapa permintaan dari luar daerah. Adanya kegiatan ini sangat membantu mengamankan kebutuhan stok kantong darah di Klaten,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sah! Pemain PSIK Klaten Tandatangani Kontrak Liga 3 Jateng 2022

Purwanto menjelaskan hingga saat ini stok kantong darah di Kabupaten Klaten mencukupi kebutuhan masyarakat. Rata-rata stok di PMI Klaten mencapai 2.000 hingga 2.100 kantong darah per bulan.

“Alhamdulillah hingga saat ini stok kantong darah di PMI Klaten dalam kondisi aman, pun ada kekurangan akan dikaver oleh relawan rutin dan relawan on call yang dihimpun dalam data base kami. Selain menjaga agar tidak kekurangan, kami juga menjaga agar stok kantong darah tidak over load, karena masa simpan yang terbatas, sehingga jika terlalu banyak kelebihan stok-nya hanya akan dibuang dan sangat disayangkan,” katanya.

(ang/Kominfo-klt)

telah dibaca: 89 kali

Comments are closed.