MTQ Klaten Bakal Digelar Maret 2022, Peserta Bisa Mendaftar di KUA Terdekat

KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten bekerja sama dengan Kementerian Agama bakal menggelar kembali MTQ Kategori Umum 2022 setelah dua tahun vacoom akibat covid 19. Direncanakan MTQ itu yang akan digelar 22 Maret 2022 dengan target 136 peserta.

Kepala Bagian Kesejahteran Rakyat Setda Klaten Mujad saat ditemui di acara Rapat Persiapan di Ruang ASN Setda Klaten (Kamis, 20/01/22) menjelaskan agar bisa mendapat bibit yang baik, maka peserta MTQ yang mempunyai kemampuan dan berbakat agar mendaftarkan diri di KUA terdekat.

“Tugas kami adalah menfasilitasi. Maka MTQ Kategori umum 2022 ini nanti kerja sama Pemkab Klaten dengan Kemenag. Maka kami melibatkan juga penyuluh agama, Dinas Pendidikan, Baznas termasuk para camat agar target 136 peserta ini bisa tercapai” jelasnya.

Disinggung masalah proses seleksi Mujab mengungkapkan agar peserta bisa dijaring secara berjenjang dari tingkat kecamatan. Namun semua tergantung kemampuan di lapangan.

“MTQ Kategori Umum ini bersifat berjenjang. Idealnya memang seleksi itu berjenjang dari tingkat kecamatan, eks kawedanan, tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Namun itu bersifat situasional. Biasanya di daerah sudah ada yang disiapkan” katanya.

Baca Juga:  Pemkab Klaten Raih Opini WTP 4 Tahun Berturut-turut

Selanjutnya kaitannya dengan pendaftaran peserta Mujab mengarahkan agar calon peserta MTQ menghubungi petugas KUA terdekat. Hal ini dilakukan agar penjaringan peserta lebih maksimal dan memperoleh potensi bakat yang terbaik.

“Silahkan warga yang memiliki potensi mendaftarkan diri di KUA terdekat. Mekanisme penyaringan bisa dengan seleksi terbatas atau dilaksanakan bersama di tingkat eks kawedanan dari gabungan beberapa kecamatan”ungkapnya.

Ketua Takmir Masjid Al Aqsho Mustari sebagai salah satu panitia penyelenggara menjelaskan kalau MTQ Kategori Umum Tingkat Kabupaten Klaten 2022 mempunyai syarat yang khusus, salah satunya kaitannya umur peserta.

“MTQ Kategori UMum itu mensyaratkan peserta berusia minimal 15 tahun kurang 1 hari. Lalu dari dari sisi cabang yang dilombakan juga lebih banyak, salah satunya untuk peserta tuna netra. Nanti seleksinya berjenjang. Puncak MTQ nasional nanti digelar di Banjarmasin, Kalimantan” pungkasnya.

Penulis Joko Priyono Tim Pemberitaan Diskominfo Klaten

telah dibaca: 103 kali

Comments are closed.